Ngeri, Ini 5 Cabai dengan Level Kepedasan Ekstrem di Dunia

Berikut ini adalah daftar lima cabai paling pedas di dunia.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 12 Agu 2024, 19:40 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 19:40 WIB
Carolina Reaper, cabai terpedas di dunia, yang berisiko memicu kerusakan pada otak manusia (Sandra Allison/AP Photos)
Carolina Reaper, cabai terpedas di dunia, yang berisiko memicu kerusakan pada otak manusia (Sandra Allison/AP Photos)

Liputan6.com, Jakarta - Mata dan hidung bisa berair bahkan panas mulut terasa seperti 'neraka' setiap kali menggigit cabai. Secara naluriah, Anda akan meraih segelas air dingin dan menuangkan cairan itu membasuh lidah hingga tenggorokan.

Hal yang membuat Anda cemas, air hampir tidak berpengaruh untuk meredakan rasa pedas itu. Itu semua diakibatkan rasa cabai yang sangat pedas.

Manusia telah membudidayakan cabai selama 6.000 tahun, tetapi kita masih mempelajari hal-hal baru tentang ilmu di balik panasnya dan bagaimana reaksinya dengan tubuh kita.

Pada akhir 1990-an, para ilmuwan mengidentifikasi saraf yang mendeteksi capsaicin: bahan kimia dalam cabai yang bertanggung jawab atas sebagian besar rasa pedas seperti luka bakar itu.

Lalu pertanyaan yang muncul, apa cabai yang paling pedas di dunia? Dikutip dari laman pepperhead, Senin (12/8/2024) berikut 5 cabai paling pedas di dunia:

1. Pepper X

Pepper X kini menjadi cabai terpedas di dunia dengan rata-rata 2,69 juta Scoville Unit dan mencapai puncaknya lebih dari 3 juta SHU.

Tidak banyak yang diketahui tentang cabai ini karena benihnya belum dirilis ke publik. Jadi sayangnya Anda tidak dapat mencicipi atau menanam sendiri Pepper X.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Carolina Reaper

Mie Geprek
Ilustrasi Mie Pedas Mie Sambal Geprek / Freepik by jcomp

Juara dunia sebelumnya, Carolina Reaper telah dikalahkan. Meski begitu, Carolina Reaper tetap saja menjadi cabai terpedas di dunia.

Awalnya diberi peringkat sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2013, Reaper diuji lagi pada tahun 2018 dengan SHU yang lebih tinggi.

Cabai ini dibiakkan untuk rasa pedasnya. Carolina Reaper memiliki ekor penyengat yang unik yang tidak seperti cabai lainnya dan setiap polongnya berbeda.

Cabai ini mendapatkan rasa pedas yang luar biasa karena merupakan persilangan antara cabai Ghost dan cabai Red Habanero.

 


3. Trinidad Moruga Scorpion

Menghindari Makanan Berlemak dan Pedas
Ilustrasi Bubuk Cabe Credit: pexels.com/Jim

Langsung dari dasar neraka, Trinidad Scorpion Moruga Blend, alias Moruga Scorpion, adalah cabai langka yang baru saja ditemukan.

Cabai ini berasal dari tanah Moruga di Trinidad dan Tobago. Setelah Anda menggigit cabai ini, rasa pedasnya tidak pernah berhenti.

Cabai ini mungkin tidak memiliki penyengat seperti Reaper, tetapi jangan biarkan hal itu membodohi Anda. Moruga Scorpion sama pedasnya dengan Carolina Reaper.

4. 7 Pot Douglah

Terkenal di kalangan pecinta cabai sebagai salah satu cabai terpedas dengan rasa terbaik, 7 Pot Douglah adalah cabai terpedas yang tidak berwarna merah.

5. 7 Pot Primo

7 Pot Primo sangat khas dengan bentuk ekornya yang panjang dan kurus. Cabai ini diciptakan oleh ahli hortikultura Troy Primeaux.

Beberapa penanam cabai telah mencoba meniru tampilan Primo dengan mengembangbiakkan cabai mereka sendiri agar memiliki sengat yang panjang.

Saat Anda melihat cabai ini, Anda tahu cabai ini akan sangat pedas. Secara kebetulan, cabai ini terlihat sangat mirip dengan Carolina Reaper

Infografis Harga Cabai
Di balik harga cabai Jakarta yang melambung (liputan6.com/Deisy)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya