Elon Musk: SpaceX Siap Luncurkan Misi Starship Nirawak Pertama ke Mars

SpaceX, di bawah kepemimpinan Elon Musk, berencana meluncurkan wahana antariksa Starship Nirawak pertamanya ke Mars.

oleh Tim Global diperbarui 09 Sep 2024, 11:04 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 11:04 WIB
Peluncuran pertama kapsul Boeing Starliner dengan Astronaut NASA
Peluncuran hari Rabu (5/6) menandai pertama kalinya NASA memiliki tiga kendaraan berawak di orbit yaitu, Starliner, SpaceX Crew Dragon, dan ISS. (Miguel J. Rodriguez Carrillo / AFP)

Liputan6.com, Washington, DC - SpaceX berencana meluncurkan wahana antariksa Starship nirawak pertamanya ke Mars dalam dua tahun, bertepatan dengan posisi orbit Bumi-Mars yang pada saat itu dianggap paling dekat.

CEO Elon Musk mengungkapkan rencana tersebut melalui unggahan di platform media sosial X pada Sabtu (7/9/2024).

Misi ini akan menjadi misi tanpa awak untuk menguji keandalan pendaratan di Mars, kata Musk, dikutip dari VOA Indonesia, Senin (9/9).

Ia menambahkan, jika pendaratan berhasil, SpaceX akan mengirimkan misi berawak pertamanya ke Mars dalam empat tahun.

Tingkat penerbangan akan meningkat pesat setelah itu, dengan target membangun kota yang mandiri dalam waktu sekitar 20 tahun, ujar sang miliarder.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernyataan Elon Musk

Elon Musk Ingin Beli Twitter, Siapkan Uang Tunai Senilai Rp618 Triliun
Setelah menguasai sebagian saham, bos Tesla dan SpaceX Elon Musk ingin mengakuisisi seluruh saham Twitter. (Instagram/elonrmuskk).

Pada April, Musk, yang mendirikan SpaceX pada 2002, menyatakan bahwa pesawat ruang angkasa tanpa awak pertama akan mendarat di Mars dalam lima tahun, disusul dengan pendaratan manusia pertama menyusul dalam tujuh tahun.

Pada Juni, roket Starship berhasil melewati perjalanan hipersonik yang menegangkan dan melakukan pendaratan yang mengesankan di Samudra Hindia, menyelesaikan uji coba global pada percobaan keempatnya.

Musk berharap Starship akan mewujudkan impiannya untuk memproduksi wahana antariksa generasi mendatang yang besar dan serbaguna. Pesawat itu diharapkan dapat mengirim manusia dan kargo ke bulan pada akhir dekade ini dan akhirnya dapat terbang ke Mars.

 

infografis negara asgardia
Asgardia, Negara di Luar Angkasa
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya