4 Tahapan Perkembangan Payudara yang Dimulai Sejak Usia 8 Tahun

Perkembangan payudara merupakan bagian penting dari kehidupan Kaum Hawa. Semuanya bisa dimulai pada usia dini sekitar 8 tahun.

oleh Melly Febrida diperbarui 11 Sep 2013, 12:00 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2013, 12:00 WIB
ukuran-payudara-130911-b.jpg
Perkembangan payudara merupakan bagian penting dari kehidupan Kaum Hawa. Semuanya bisa dimulai pada usia dini sekitar 8 tahun atau akhir 13 tahun.

Infografik ini akan menggambarkan fakta menarik tentang payudara dan ukuran bra Anda seperti dikutip WomenhealthZone, Rabu (11/9/2013):

Tahap 1

Usia 8-12 tahun: Puting sedikit menonjol
Setiap orang berbeda. Tapi pada tahapan pertama yang akan terjadi pada gadis kecil adalah putingnya mulai terlihat sedikit menonjol.

Tahap 2

Usia 13 Tahun: Setahun kemudian, perkembangan payudara Anda mulai terbentuk. Pada tahapan areola mulai (area gelap di sekitar puting) akan sedikit lebih luas.

Tahap 3

Usia 14: Setahun kemudian, payudara Anda mulai meninggi dan areola Anda lebih luas lagi.

Tahap 4

Usia 15-16 tahun: Payudara Anda mungkin tak akan berubah atau tambah besar. Pada saat ini payudara Anda mulai berbentuk. Puting Anda akan keluar dan membentuk gundukan.

Pilih Ukuran Bra yang Pas

Selain perkembangan payudara, ukuran bra juga perlu diperhatikan. Menggunakan ukuran bra yang pas bisa mengurangi masalah yang sering dihadapi wanita dengan branya. Contohnya saja, bra yang pas ukurannya tak akan menjepit Anda, bergerak, atau kopong. Jadi gunakan waktu Anda untuk mengetahui ukuran bra yang pas.

Ada dua bagian dalam ukuran bra, yakni ukuran dada atau yang disebut band size (ukuran tali) dan ukuran mangkok (cup size).

Untuk ukuran dada atau tali bra biasanya menggunakan 32, 34, 36, dan masih banyak lagi. Dan ini dengan mengukur sekeliling dada wanita.

Sementara ukuran cup biasanya menggunakan huruf seperti AA, A, B, C, dan lain-lain.

Lebih dari 20 persen wanita yang disurvei meyakini kanker payudara disebabkan infeksi, tanning, penggunaan obat stres, dan luka di payudara. Sedangkan sebuah penelitian menunjukkan, 63 persen wanita ingin payudaranya lebih besar. Padahal, pria dan wanita percaya ukuran cup C adalah yang paling ideal. Namun, rata-rata ukuran bra adalah 34 D.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya