Tren Sekarang, Banyak Gadis Kena Kanker Payudara

Hampir membuat tidak percaya karena menurut catatan RS Kanker Dharmais, banyak gadis saat ini mengalami kanker payudara.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 18 Okt 2013, 16:30 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2013, 16:30 WIB
kangker-payudara130512b.jpg
Hampir membuat tidak percaya karena menurut catatan RS Kanker Dharmais, banyak gadis saat ini mengalami kanker payudara.

Hal ini disampaikan oleh divisi instalasi deteksi dini dan onkologi sosial RS Kanker Dharmais, Dr Martha Roida Manurung saat memberikan materi dalam seminar bertajuk 'Save Your Breasts Save Your Life' di Grand Indonesia, Jakarta, ditulis Jumat (18/10/2013).

Martha menyampaikan, hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya wanita muda yang mengantre untuk kemoterapi di RS kanker Dharmais.

"Di RS Kanker Dharmais, kanker payudara menjadi penyakit paling banyak yang dialami pasien. Trennya dulu yang kena kanker di atas 40 tahun, tapi sekarang di bawah 40 bahkan 20 tahun, jadi gadis belia sudah kena kanker," ungkapnya.

Menurut Martha, mungkin benar bahwa wanita saat ini kurang memiliki kesadaran untuk memeriksakan dirinya.

"Padahal jika dicermati, selain keturunan, faktor penyebab kanker payudara adalah wanita yang mulai mengalami menstruasi sebelum berusia 12 tahun," pungkasnya.

(Fit/Igw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya