Teh Talua, Teh Telur Sedap Khas dari Padang

Tradisi minum teh seperti teh poci atau teh oplos bukan cuma ada di daerah Jawa. Di Padang, ada juga teh talua

oleh Fitri Syarifah diperbarui 15 Nov 2013, 19:00 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2013, 19:00 WIB
teh-talua-131115b.jpg
Tradisi minum teh seperti teh poci atau teh oplos bukan cuma ada di daerah Jawa. Di Padang, ada juga sajian teh telur atau dikenal dengan teh talua.

Menurut pendiri Komunitas Pecinta Teh, Ratna Soemantri, teh talua memiliki keunikan sendiri dalam pembuatannya. Tapi jangan salah sangka, meskipun dibuatnya dari telur, teh ini sama sekali tidak amis.

"Minuman ini dibuat dengan cara mengaduk kuning telur ayam atau bebek sampai berbusa bersama gula pasir di dalam gelas. Secara manual biasanya butuh waktu 5-7 menit untuk mengocoknya. Tapi Anda juga bisa menggunakan mixer. Setelah itu, seduh air mendidih dengan teh. Usahakan harus teh hitam Indonesia yang sangat kuat," kata Ratna.

Menurut Ratna, teh talua memberikan rasa gurih dan manis. Untuk menambahkan rasa, biasanya orang Padang menambahkan susu, kayu manis dan perasan lemon sebelum diminum.

"Selain itu, teh talua tampilannya menarik karena memiliki tiga layer (3 lenggek). Lenggek pertama buriah (busa telur), lenggek kedua berwarna cokelatan dan lenggek terakhir warna putih," jelasnya.

Ratna menyampaikan, orang Padang percaya minuman ini dapat menambah energi dan vitalitas.

(Fit/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya