2 Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas yang Unik dan Menarik

Cara membuat tempat pensil dari botol bekas ini hasilnya tidak kalah menarik dari yang dijual di toko alat tulis.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 18 Nov 2022, 20:40 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2022, 20:40 WIB
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas./hallmarkchannel.com

Liputan6.com, Jakarta Tempat pensil atau kotak pensil adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan pensil dan alat-alat tulis lainnya. Pensil dan pulpen adalah alat tulis yang rawan hilang. Namun dengan menyimpannya di tempat pensil, hal risiko tersebut bisa dihindari.

Ada banyak tempat pensil yang dijual di pasaran. Namun kita bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan botol plastik bekas. Karena itu, artikel ini akan memaparkan cara membuat tempat pensil dari botol bekas. Dijamin, hasilnya tidak akan kalah menarik dari tempat pensil yang dijual di toko alat tulis.

Yang jelas, cara membuat tempat pensil dari botol bekas ini, akan menghasilkan tempat pensil dengan bentuk yang unik dan menarik. Bahkan jika kamu membawanya ke sekolah atau kampus, kamu tidak akan merasa malu. Bahkan akan membuat teman-teman bertanya-tanya, bagaimana cara membuat tempat pensil dari botol bekas.

Dengan botol plastik bekas, kamu bisa membuat dua tempat pensil yang berbeda. Yang pertama adalah tempat pensil yang bisa kamu bawa ke sekolah atau kampus. Yang kedua adalah tempat pensil yang bisa kamu letakkan di atas meja belajar.

Berikut adalah cara membuat tempat pensil dari botol bekas, yang bisa dibawa ke sekolah dan ditempatkan di atas meja belajar, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Resleting

Cara membuat pensil dari botol bekas dengan resleting akan menghasilkan tempat pensil yang dapat dibawa kemana saja, termasuk ke sekolah. Resleting pada tempat pensil tersebut akan memungkinkan tempat pensil dapat ditutup dan dibuka sehingga pensil dan alat tulis lainnya tidak tercecer.

Berikut adalah langkah-langkah dalam cara membuat tempat pensil dari botol bekas dengan resleting:

1. Langkah yang pertama dalam cara membuat tempat pensil dari botol bekas adalah menyiapkan bahan-bahannya. Adapun alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah dua buah botol plastik, resleting, lem tembak, funting, dan spidol.

2. Ukur ukuran barang yang masuk ke dalam kotak dan potong bagian bawah dua botol menjadi setengah dari ukuran itu. Saat Anda menyatukan kedua bagian bawah yang dipotong, itu harus cukup besar untuk menampung spidol, krayon, atau pensil.

3. Lilitkan resleting di sekitar tepi potongan botol untuk mengukur panjang yang sesuai. Potong memanjang.

4. Rekatkan resleting ke ujung potongan pada kedua mulut botol, agar keduanya dapat saling menutup..

5. Tempelkan resleting menggunakan lem panas bersuhu rendah untuk merekatkan separuh ritsleting ke tepi potongan botol dengan sedikit ruang di antaranya sehingga gerigi ritsleting bebas membuka dan menutup.

6. Lanjutkan menempelkan sampai resleting terpasang di sekeliling dasar botol.

7. Masukkan alat tulis kamu, lalu tutup resletingnya!


Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas

Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas. twitchetts.com

Cara membuat tempat pensil dari botol bekas ini berbeda dari yang sebelumnya. Tempat pensil yang ini tidak dapat dibuka dan ditutup seperti tempat pensil yang sebelumnya. Cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang ini akan menghasilkan tempat pensil yang unik dan cantik ketika diletakkan di atas meja belajar.

Berikut adalah cara membuat tempat pensil dari botol bekas untuk ditempatkan di atas meja belajar:

1. Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain adalah botol, gunting, dan kain perca (atau pita).

2. Mulailah dengan hati-hati memotong sisi botol menjadi seperti anyaman. Sisakan sekitar beberapa senti di bagian bawah tanpa dipotong. Anda ingin mendapatkan jumlah strip ganjil.

3. Ikat ujung kain perca atau pita Anda dan selipkan di dekat bagian bawah salah satu potongan.

4. Anyamlah potongan kain perca atau pita ke dalam di sisi botol yang telah dipotong-potong itu.

5. Setiap beberapa lapisan ditekan ke bawah untuk mengencangkan anyamannya.

6. Terus mengayam sampai seluruh sisi botol tertutupi anyaman kain perca. Kamu juga bisa melakukannya dengan warna yang berbeda.

7. Setelah anyaman sudah hampir sampai di bagian atas botol, hentikan dan selipkan ujung tali ke dalam botol dan melalui beberapa putaran.

8. Selipkan ujung sisi botol ke dalam benang t-shirt untuk membuat atasan yang rata.

9. Sekarang, tempat pensil dari botol bekas sudah jadi dan bisa digunakan untuk menyimpan pensil kamu.

Demikian adalah cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang unik dan menarik. Cara membuat tempat pensil dari botol bekas ini bisa menggunakan dua cara, yakni dengan menambahkan resleting agar bisa dibuka dan ditutup, atau yang tanpa tutup. Karena tidak membutuhkan alat dan bahan yang sulit ditemukan, makan cara membuat tempat pensil dari botol bekas ini bisa dipraktikkan di rumah.

Jika kamu melakukannya dengan tekun dan teliti, kamu bisa menghasilkan tempat pensil yang sangat menarik dan lucu. Bahkan hasilnya tidak akan kalah menarik dari tempat pensil yang dijual di toko alat tulis.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya