Workout adalah Latihan Kebugaran Tubuh, Kenali Gerakan dan Jenisnya

Workout adalah latihan fisik yang menjadi pilihan praktis pengganti olahraga di luar ruangan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 10 Mei 2023, 14:04 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 14:04 WIB
Workout
Ilustrasi Workout Credit: pexels.com/Karolina

Liputan6.com, Jakarta Workout adalah latihan fisik yang menjadi pilihan praktis pengganti olahraga di luar ruangan. Sekarang ini, banyak orang yang tidak sempat melakukan olahraga karena kesibukan sehari-hari. Workout di rumah dapat menjadi solusi tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Workout adalah kata lain dari latihan fisik berupa aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh. Latihan fisik yang dilakukan secara benar dan konsisten bahkan sama efektifnya dengan olahraga di gym. 

Workout di rumah dapat membuat kamu menghemat waktu dan biaya. Tidak hanya itu, gerakan-gerakan yang dilakukan pun tidaklah sulit. Hal inilah yang menyebabkan aktivitas workout ini banyak digemari saat ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/2/2021) tentang workout adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gerakan Workout di Rumah

cara mengecilkan paha
Ilustrasi squat (Sumber: unsplash)

Push-up

Workout adalah gerakan sederhana yang bisa diterapkan di mana saja. Salah satu gerakan workout yang paling dikenal mungkin adalah push-up. Caranya mudah saja, kamu tinggal meletakkan kedua telapak tangan dan jari-jari kaki pada lantai guna menopang tubuh sehingga membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Selanjutnya, tekuklah siku untuk menurunkan tubuh ke lantai lalu dorong kembali ke atas. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Jika merasa kesulitan, maka kamu dapat melakukan gerakan push-up dengan lutut yang juga menempel pada lantai sehingga membuat tubuh lebih mudah terangkat. Pastikan gerakan push-up yang dilakukan tidak goyah, gemetaran maupun jatuh berulang kali.

Squat

Squat juga merupakan salah satu gerakan workout yang paling dikenal. Workout adalah latihan fisik yang memang tidak sulit dilakukan, termasuk squat. Kamu hanya perlu berada pada posisi berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan lengan lurus ke depan.

Kemudian, dorong bokong ke bawah hingga kedua lutut menekuk seolah-olah sedang duduk di kursi. Kembalilah pada posisi awal, dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Melakukan gerakan ini memungkinkan otot-otot utama di tubuh bagian bawah bekerja.

Forearm Plank

Forearm plank bisa diterapkan dengan memosisikan diri kamu melakukan plank, di mana kedua lengan dan kedua jari-jari kaki menempel pada lantai untuk menopang tubuh. Tubuh pun harus membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki.

Selanjutnya, tekuk kedua lutut hingga menyentuh lantai, namun pastikan punggung bagian bawah dan pinggul tidak turun. Tahan posisi tersebut selama 30 detik sampai 1 menit, dan ulangi beberapa kali. Workout adalah olahraga yang praktis dilakukan di mana saja.


Gerakan Workout di Rumah

Otot
Ilustrasi Workout Credit: unsplash.com/Jonathan

Abdominal Crunch

Workout adalah olahraga yang efektif untuk berbagai tujuan, salah satunya saat kamu menerapkan gerakan abdominal crunch ini. Cara melakukannya yaitu dengan berbaring telentang dengan menekuk lutut dan kaki lurus berbentuk 90 derajat. Lalu, letakkan tangan di kepala, jangan mengunci jari-jari atau mendorong kepala ke atas. Dorong punggung ke lantai untuk melibatkan otot perut.

Selanjutnya, geser dagu sedikit sehingga meninggalkan sedikit ruang antara dagu dan dada. Kemudian, mulai angkat bahu sekitar 10 cm dari lantai dan tetap menyimpan punggung bagian bawah di lantai. Tahan sejenak di atas lalu perlahan-lahan kembali ke bawah.

Stationary Lunge

Workout adalah latihan fisik yang dilakukan secara teratur agar kamu mendapatkan manfaatnya, begitu pula dengan stationary lunge. Dalam melakukan gerakan workout ini, kamu harus berdiri dengan kaki kanan berada di depan. Pastikan telapak kaki kanan menapak pada lantai, sementara jari-jari kaki kiri menyentuh lantai (jinjit). Kemudian, tekuklah kedua lutut hingga lutut kiri menyentuh lantai, sementara lutut kanan sejajar dengan paha. Lalu, angkat kembali tubuh pada posisi awal dan ulangi gerakan itu dengan sisi kaki yang berbeda.

Side Plank

Cara melakukan side plank mirip seperti plank biasa. Namun lengan yang bertumpu hanya satu, jika lengan yang bertumpu sebelah kiri maka badan mengkadap ke kanan dan sebaliknya. Posisi tangan yang berada di atas memegang pinggang.

Side plank ini dapat meningkatkan stabilitas tulang belakang serta tubuh bagian atas. Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan keseimbangan seluruh tubuh. Workout adalah gerakan yang sangat baik diterapkanuntuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.


Jenis Workout yang Paling Digemari

Melakukan Senam Zumba
Ilustrasi Melakukan Senam Zumba Credit: freepik.com

Zumba

Zumba merupakan salah satu jenis workout yang banyak digemari oleh para milenial khususnya perempuan. Olahraga jenis ini mirip seperti aerobik yang memadukan gerakan salsa, merengue, mambo, reggaeton, tango, chacha, dan hip-hop. Zumba sendiri diciptakan secara tidak sengaja oleh Alberto Perez dan dilakukan selama 50-60 menit per sesinya. Zumba merupakan olahraga yang cukup efektif untuk membakar kalori sekitar 360-532 kalori per-sesinya.

Yoga

Yoga merupakan jenis workout yang banyak digemari oleh milenial. Yoga sendiri merupakan olahraga yang berasal dari India yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Rutin berlatih yoga akan membuat fisik seseorang menjadi tetap bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, sera berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.

Pilates

Selain yoga, pilates juga merupakan oalahraga sejenis yang banyak digemari. Prinsip pilates sendiri ialah menyatukan pemahaman antara jiw adan raga agar keduanya saling bekerjasama membantu dalam kehidupan sehari-hari.Senam pilates ini melibatkan serangkaian gerakan yang lambat tapi terfokus disertai dengan teknik pernapasan dalam.

Untuk mencapai harmonisasi antara tubuh dan pikiran ini, pilates melibatkan teknik pernapasan yang teratur, latihan keseimbangan dan postur tubuh, pemusatan konsentrasi, hingga latihan mengontrol gerakan dan kekuatan otot. Karena gerakan pilates berfokus pada teknik pernapasan, maka asupan oksigen yang masuk ke tubuh berperan penting dalam kelancaran sirkulasi darah yang bisa bantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Crossfit

Jenis olahraga ini bertujuan untuk melatih kekuatan fisik, dengan menggabungkan gerakan aerobik, fitness, High-Intesity Interval Training (HIIT) serta yoga. Olahraga jenis ini cukup efektif membakar kalori dengan cepat. Hanya saja, crossfit ditujukkan untuk orang-orang yang terbiasa dengan olahraga berat. Workout adalah olahraga yang memang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya