8 Manfaat Senam Aerobik bagi Wanita, Tak Cuma Bakar Kalori

Manfaat senam aerobik bagi wanita sebenarnya cukup banyak.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 11 Jun 2023, 23:40 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 23:40 WIB
olahraga aerobik
Photo by Danielle Cerullo on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Manfaat senam aerobik bagi wanita wajib diketahui oleh kaum Hawa. Terutama bagi Anda yang mungkin belum pernah mencoba jenis olahraga ini, maka wajib menyimak artikel yang akan dibahas di bawah ini tentang manfaat senam aerobik bagi wanita.

Manfaat senam aerobik bagi wanita ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga sangat baik bagi kesehatan mental. Selain itu, manfaat senam aerobik bagi wanita juga dapat memberi manfaat bagi menjaga kesehatan jantung, otak, dan paru-paru.

Manfaat senam aerobik bagi wanita ini bisa didapatkan bukan tanpa sebab. Pada senam aerobik, seluruh gerakan akan melibatkan sistem kardiovaskuler. Sistem kardiovaskuler yang bekerja tersebut akan dapat memperlancar aliran darah yang akan disalurkan ke seluruh otot-otot pada tubuh yang digunakan ketika latihan senam aerobik, begitulah manfaat senam aerobik bagi wanita akhirnya bisa didapatkan.

Berikut ini Liputan6.com akan membahas apa saja manfaat senam aerobik bagi wanita yang bisa didapatkan. Yuk, simak bersama artikel dibawah ini, Selasa (14/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat senam aerobik bagi wanita: Menjaga organ dalam tubuh

Nah, Ini Bukti Tambahan Kebaikan Aerobik
Pelatihan olahraga, ketika dirancang untuk meningkatakan kebugaran aerobik, bisa memberikan dampak positif kepada otak kaum dewasa muda.

1. Menjaga kesehatan jantung

Dengan melakukan senam aerobik, maka gerakan dari senam aerobik yang cukup membutuhkan usaha dalam melakukannya tersebut akan memacu kerja jantung. Jantung yang terpacu akan membuat jantung menjadi lebih sehat karena jantung akan memompa darah secara lebih efektif dan efisien ke seluruh tubuh. Di sisi lain, manfaat senam aerobik bagi wanita juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

2. Membantu menjaga tekanan darah

Manfaat senam aerobik bagi wanita yang selanjutnya yaitu dapat menjaga tekanan darah. Seperti yang dibahas sebelumnya, jika senam aerobik merupakan jenis olahraga berupa senam yang dapat melatih jantung. Sehingga manfaat senam aerobik bagi wanita tersebut juga akan terasa hingga berdampak pada tekanan darah yang menurun. Karena jika tekanan darah dalam tubuh telah menurun, maka gejala-gejala hipertensi yang dapat berpotensi mengganggu kesehatan tubuh akan berkurang.

3. Mengontrol gula darah

Masih seputar manfaat senam aerobik bagi wanita yang bisa dirasakan. Karena jenis senam aerobik seperti pada dua point sebelumnya, dalam melakukannya harus menggunakan usaha yang cukup memacu kerja jantung, maka dalam mendapatkan energi untuk melakukan gerakan-gerakan dari senam aerobik tubuh akan mengambil kalori dari gula yang ada pada tubuh. Sehingga tubuh Anda tidak akan banyak mengandung gula yang berlebih. Dan apabila dilakukan dengan teratur, maka akan mampu membantu tubuh dalam mengontrol gula pada darah.

4. Optimalkan kerja otak

Manfaat senam aerobik bagi wanita lainnya yaitu bermanfaat bagi kesehatan otak. Karena, aliran darah yang terpacu dari jantung tadi menuju keseluruh tubuh terutama otak, dan membawa serta oksigen menuju otak. Selain itu olahraga ini dipercaya mampu dalam memperlambat penyusutan jaringan pada otak dan juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada manusia.


Manfaat senam aerobik bagi wanita: Meningkatkan kualitas hidup

Ini Sebabnya Aerobik Bikin Tubuh Bugar & Langsing
Olahraga yang paling cepat menurunkan berat badan

5. Tingkatkan stamina tubuh

Memang pada saat pertama kali mencoba berbagai jenis gerakan dari senam aerobik mungkin Anda akan merasa sangat lelah. Hal itu wajar karena mungkin stamina Anda belum terlalu baik. Dan apabila Anda melakukan senam aerobik secara rutin, maka secara bertahap stamina Anda akan mulai mengalami peningkatan. Dan mungkin Anda akan merasa lebih sehat dan kuat untuk melakukan gerakan senam aerobik yang tergolong susah dan butuh usaha banyak.

6. Menjaga berat badan

Mungkin ini salah satu manfaat senam aerobik bagi wanita yang diidam-idamkan para wanita. Ya, tentu saja senam aerobik dapat menurunkan berat badan, karena tubuh Anda akan dipaksa untuk mengeluarkan energi yang cukup besar pada saat melakukan segala gerakan dari senam aerobik tersebut. Kalori itu salah satunya bisa di dapatkan dari lemak pada tubuh. Saat lemak tubuh digunakan sebagai bahan bakar energi, maka otomatis lemak pada tubuh Anda akan berkurang dan Anda akan mengalami penurunan berat badan jika dilakukan rutin dan dengan mengonsumsi makanan rendah kalori yang sehat.

7. Perkuat daya tahan tubuh

Saat Anda dengan rutin melakukan senam aerobik, maka tubuh Anda akan otomatis meningkatkan sistem imun pada tubuh, dan membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk. Manfaat ini akan muncul, pasalnya tubuh akan mengalami peningkatan daya tahan terhadap penyakit maupun virus apabila kita rajin berolahraga. Senam aerobik dimana merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup menguras tenaga, akan berdampak sangat baik bagi peningkatan daya tahan tubuh.

8. Tidur lebih nyenyak

Setelah Anda melakukan berbagai gerakan senam aerobik, maka tubuh akan terasa sangat lelah dan butuh untuk melakukan istirahat. Maka secara langsung, badan akan merespon Anda untuk segera terlelap dalam tidur. Hal tersebut akan membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan lebih nyenyak, karena badan mengalami kelelahan. Namun, pada pagi hari setelah Anda terbangun, maka badan dan pikiran biasanya akan terasa sangat segar. Ada satu hal yang perlu diperhatikan, jangan melakukan senam aerobik dengan waktu yang mepet dengan jam tidur, maksimal lakukan senam atau bahkan olahraga lainnya 2 hingga 3 jam sebelum tidur di malam hari.

Bagaimana, menarik bukan berbagai manfaat senam aerobik bagi wanita yang bisa didapatkan? Nah, tapi tetap lakukan dengan teratur dan jangan terlalu berlebihan ya, karena justru akan tidak baik bagi tubuh Anda. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya