Ucapan HUT RI yang Benar, Jangan Salah Pengucapan dan Penulisan

Penulisan ucapan HUT RI yang benar haruslah mengikuti kaidah dan tata bahasa Indonesia dengan tepat.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 03 Agu 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 09:00 WIB
Ucapan HUT RI yang Benar, Jangan Salah Pengucapan dan Penulisan
Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Penulisan kalimat ucapan selamat Hari Kemerdekaan harus mematuhi kaidah dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas dan tidak menimbulkan potensi kesalahan dalam penafsiran. 

Mematuhi aturan ini penting untuk memastikan bahwa ucapan tersebut diterima dengan tepat, mencerminkan penghormatan yang sesuai terhadap hari bersejarah tersebut, dan menghindari kebingungan yang mungkin timbul akibat penggunaan bahasa yang kurang tepat. Dengan demikian, ucapan selamat akan menjadi lebih bermakna dan sesuai dengan semangat kemerdekaan yang dirayakan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai ucapan HUT RI yang benar yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/8/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aturan Penulisan Dirgahayu dan HUT RI yang Benar

Ucapan HUT RI yang Benar, Jangan Salah Pengucapan dan Penulisan
Logo utama HUT RI 79. (Liputan6.com/web/Setneg RI)

Aturan penulisan istilah 'Dirgahayu RI' dan 'HUT RI' yang benar menekankan pentingnya meletakkan angka umur di awal sebelum penulisan nama negara, yaitu Republik Indonesia (RI). Hal ini disebabkan oleh makna dari kata 'dirgahayu,' yang berarti berumur panjang atau selamat panjang umur, sehingga secara logis angka umur yang menyertainya harus diletakkan di depan untuk menunjukkan berapa tahun usia yang dirayakan. Dengan meletakkan angka sebelum nama negara, ucapan tersebut menjadi lebih jelas dan sesuai dengan makna yang dimaksudkan.

Sebaliknya, jika angka umur diletakkan di akhir setelah penulisan nama negara, hal ini dapat menimbulkan kesalahan penafsiran dan kebingungan. Misalnya, dalam ucapan 'Dirgahayu RI ke-79,' jika angka umur ditempatkan setelah nama negara, bisa timbul interpretasi yang salah bahwa yang sedang berulang tahun atau berumur panjang adalah 'negara RI yang ke-79.' Padahal, maksud yang benar adalah merayakan usia Republik Indonesia yang ke-79, sehingga penempatan angka yang tepat di awal sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman.

Penempatan angka umur sebelum nama negara memastikan bahwa ucapan tersebut menyampaikan pesan dengan jelas dan tidak menimbulkan ambiguitas. Hal ini penting untuk menjaga kehormatan dan makna dari perayaan hari kemerdekaan serta memastikan bahwa pesan yang disampaikan sesuai dengan norma dan aturan bahasa yang berlaku. Dengan demikian, penulisan yang benar tidak hanya mencerminkan penghormatan terhadap hari bersejarah, tetapi juga membantu memastikan bahwa pesan yang disampaikan dipahami dengan tepat oleh semua pihak.


Penulisan HUT RI yang Benar

Ucapan HUT RI yang Benar, Jangan Salah Pengucapan dan Penulisan
Logo utama HUT RI 79. (Liputan6.com/web/Setneg RI)

Penulisan HUT RI dan Dirgahayu RI yang benar haruslah mengikuti sesuai dengan kaidah dan tata bahasa Indonesia. Penulisan HUT RI yang benar adalah dengan meletakkan penggunaan kata angka peringatannya, misal ke-78 setelah kata HUT dan sebelum nama negara. Penulisan ucapan Selamat HUT RI ke-78 dianggap salah. Sebab, kalimat tersebut akan menimbulkan penafsiran bahwa yang sedang berulang tahun adalah RI ke-78, sementara negara kita hanya ada satu. Maka cara penulisan yang benar Selamat HUT ke-78 RI. Berikut contoh-contoh kalimat dengan penulisan HUT RI yang benar:

1. Benar: HUT ke-78 RI

Salah: HUT RI ke-78

2. Benar: HUT ke-78 Republik Indonesia

Salah: H.U.T.R.I ke-78

 3. Benar: Selamat HUT ke-78 RI

Salah: Selamat HUT RI ke-78

 4. Benar: Hari Ulang Tahun ke-78 RI

Salah: Hari Ulang Tahun RI ke-78

 5. Benar: Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia

Salah: Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78

 6. Benar: Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI

Salah: Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-78

7. Benar: Selamat Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia

Salah: Selamat Hari Ulang Tahun RI ke-78

Sementara itu, untuk contoh penulisan Dirgahayu RI yang benar sebagai berikut ini adalah:

1. Benar: Dirgahayu RI

Salah: Dirgahayu RI ke-78

 2. Benar: Dirgahayu Republik Indonesia

Salah: Dirgahayu HUT RI

 3. Benar: Dirgahayu Kemerdekaan RI

Salah: Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-78

 4. Benar: Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia

Salah: Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-78


Kesalahan Umum Penulisan HUT RI

Ucapan HUT RI yang Benar, Jangan Salah Pengucapan dan Penulisan
Ilustrasi Hari Kemerdekaan RI, HUT RI. (Celebration vector created by freepik - www.freepik.com)

Berikut ini terdapat beberapa kesalahan umum yang sering terjadi pada saat penulisan HUT RI, yakni:

1. Penempatan Angka Peringatan

Kesalahan umum yang terjadi adalah meletakkan angka peringatan setelah nama negara, seperti "HUT RI ke-79" atau "Hari Ulang Tahun RI ke-79". Penulisan yang benar adalah meletakkan angka peringatan sebelum nama negara, seperti "HUT ke-79 RI" atau "Hari Ulang Tahun ke-79 RI".

2. Penggunaan Kata "Dirgahayu"

Kesalahan lain adalah menambahkan kata "HUT" sebelum "Dirgahayu", seperti "Dirgahayu HUT RI". Penulisan yang benar adalah menggunakan "Dirgahayu" tanpa "HUT", seperti "Dirgahayu RI" atau "Dirgahayu Kemerdekaan RI".

3. Penggunaan Kata "Kemerdekaan"

Kesalahan lain adalah menambahkan kata "Kita" setelah "Kemerdekaan", seperti "Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-79". Penulisan yang benar adalah menggunakan "Kemerdekaan" tanpa "Kita", seperti "Dirgahayu Kemerdekaan RI" atau "Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia".

4. Penulisan Lain-Lain

Kesalahan lain termasuk penulisan lain-lain seperti "H.U.T R.I ke-79", "Hari Ulang Tahun RI ke-79", "Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79", dan "Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-79". Penulisan yang benar adalah menggunakan "HUT ke-79 RI", "Hari Ulang Tahun ke-79 RI", "Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia", dan "Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 RI".

Penulisan ucapan HUT RI yang benar haruslah mengikuti kaidah dan tata bahasa Indonesia dengan tepat. Penggunaan kata "tahun perayaan" di awal sebelum nama negara dan tidak menambahkan kata lain pada "Dirgahayu" dapat membantu menghindari kesalahan penafsiran. Dengan demikian, ucapan tersebut dapat disampaikan dengan tepat dan menghormati makna sebenarnya dari perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya