Mengintip 'Hotel Lebaran' Hewan Peliharaan

Hari pertama berada di 'Hotel Lebaran', kucing, anjing, dan hamster biasanya stres. Butuh adaptasi karena sang pemelihara sedang berlebaran.

oleh Yanuar H diperbarui 17 Jul 2015, 08:00 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2015, 08:00 WIB
Kucing
Tempat penitipan hewan piaraan. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Liputan6.com, Yogyakarta Hari pertama berada di 'Hotel Lebaran', kucing, anjing, dan hamster biasanya stres. Butuh adaptasi karena sang pemelihara sedang berlebaran. Para piaraan ini bisa menginap sampai sepekan.

Jasa penitipan hewan piaraan Cakra Pets di Jalan Cokroaminoto 95 Yogyakarta bak hotel bagi hewan-hewan piaran saat Lebaran. Paramedis Sapari Mulaksono menuturkan, peningkatan penitipan hewan piaraan sudah terjadi sejak Rabu 15 Juli 2014.

Di tempatnya, lanjut pria yang akrab disapa Ari ini, hanya bisa menerima kucing, anjing, dan hamster. Saat ini seluruh tempat sudah terisi penuh 30 ekor kucing dan 3 ekor anjing.

"Sejak Rabu sudah mulai banyak dan yang booking sudah masuk semua. Langganan harus booking dulu," kata Ari, Kamis 16 Juli 2015.

Ari melanjutkan, hewan piaraan yang dititipkan di Cakra Pets akan mendapatkan fasilitas makan, dimandikan, dan pengecekan kesehatan. Biasanya saat Lebaran seperti ini, warga menitipkan hewan piaraannya selama 4 hari hingga 1 minggu.

"Pakan dari sini atau bisa bawa sendiri. Kalau mau pulang kita mandikan. Ada yang piket dan dokternya yang jaga," tutur Ari.

Setiap hewan yang dititipkan selama Lebaran ini dikenakan tarif berbeda dari hari biasa. Selama Lebaran ada kenaikan tarif sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu.

"Jadi untuk 14-16 Juli Rp 25 ribu. Sedangkan 17-18 Juli saat Lebaran Rp 30 ribu. Lalu 19-21 Juli Rp 25 ribu. Kalau hari biasa Rp 20 ribu," urai Ari.

Tempat penitipan hewan piaraan. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Kendala yang dihadapi saat menerima puluhan hewan piaraan di tempatnya, sambung Ari, adalah menghadapi hewan yang stres pada hari pertama. Jika hewan masih tidak mau makan pada hari kedua, maka dokter hewan akan turun tangan mengecek kondisi hewan itu.

"Biasanya mereka sehari pertama pasti stres. Butuh sehari untuk adaptasi dulu. Banyak kucing lain aromanya beda-beda. Makannya tidak mau dulu. Hari selanjutnya dia baru mau makan. Kalau enggak mau makan, baru dicek kesehatannya," beber Ari.

Endah, warga Banyuraden, Sleman mengatakan, selalu menitipkan hewan peliharaannya di tempat penitipan hewan jika bepergian ke luar kota. Setiap tahun bisa sampai 4 kali menitipkan hewan peliharaan. Lebaran tahun ini Endah mudik ke Blora, sehingga menitipkan kucing kesayangannya.

"Setiap mau pergi saya pasti nitip piaraan kucing saya ke sini. Kalau Lebaran kadang saya pulangnya sebelum Lebaran, kadang setelah Lebaran. Ini saya mau pulang ke Blora. Kasihan kalau enggak dikasih makan," ujar Endah. (Sss/Sun)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya