2.623 Jemaah Haji Tiba di Madinah

Kedatangan jemaah terbagi dalam dua penerbangan dengan pesawat Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

oleh Nurmayanti diperbarui 07 Jul 2019, 16:32 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2019, 16:32 WIB
Jemaah Haji Indonesia Tiba di Hotel. Darmawan/MCH
Jemaah Haji Indonesia Tiba di Hotel. Darmawan/MCH

Liputan6.com, Madinah - Sebanyak 2.623 jemaah haji Indonesia sudah tiba di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz sampai pukul 12.00 waktu Arab Saudi (WAS), Minggu (7/7/2019). Jumlah ini berasal dari 6 kloter yang berasal dari Surabaya, Batam, Lombok dan Padang.

Ini diungkapkan Kasie Kedatangan dan Pemberangkatan Daker Bandara, Cecep Nursyamsi. "Ini yang sudah mendarat di Madinah berdasarkan data Siskohat," ujar dia di Madinah.

Adapun rinciannya, sebanyak 1.790 dari Embarkasi Surabaya dan Batam. Kemudian Lombok sebesar 453 orang dan Padang 393 orang. 

Pada hari ini, akan mendarat jemaah haji sebanyak 18 kloter yang antara lain berasal dari Jakarta, Padang, Batam, Palembang Surabaya, Lombok. Adapun total jemaah mencapai 7.353 orang.

Kedatangan jemaah terbagi dalam dua penerbangan dengan pesawat Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

Pada tahun ini, Indonesia mendapatkan jatah kuota sebanyak 231 ribu jemaah untuk reguler dan khusus dari Pemerintah Arab Saudi.

 

 

 


Disambut Dubes RI, Kloter Pertama Jemaah Haji Tiba di Madinah

Sebanyak 449 jemaah haji Indonesia yang berasal dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur tiba di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz pada Sabtu (6/7/2019), Darmawan/MCH
Sebanyak 449 jemaah haji Indonesia yang berasal dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur tiba di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz pada Sabtu (6/7/2019), Darmawan/MCH

Sebanyak 449 jemaah haji Indonesia yang berasal dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur tiba di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz pada Sabtu (6/7/2019), sekira pukul 09.00 waktu setempat. Kedatangan jemaah haji Surabaya mengawali perjalanan jemaah haji Indonesia 2019 menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Total jumlah jemaah haji yang tiba pada hari ini mencapai 1.800 orang, tersebar dalam 4 kloter. Dengan rincian, 2 dari Surabaya dan 2 dari Batam.

Kedatangan para jemaah disambut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh, beserta jajarannya melalui acara seremonial di depan bandara. Di mana sebagai bentuk simbolis penyambutan, diserahkan bendera merah putih dari kepala rombongan atau kloter kepada Ketua PPIH.

"Selamat datang di Madinah, sebagai pelayan panjenengan para peziarah di kota Nabi, mari kita perbanyak salawat kepada kanjeng Nabi Muhammad," ujar Dubes saat memberikan sambutan di Madinah.

Dia pun meminta para jemaah tak sungkan meminta bantuan kepada petugas karena keberadaan petugas memang untuk melayani jemaah haji.

"Jangan sungkan jika butuh bantuan, sapa kami karena kami sudah mewakafkan diri untuk melayani panjenengan semua. Ini adalah sebuah kehormatan melayani. Selamat datang di Madinah," dia menambahkan.

Usai membuka acara seremonial dan memberikan sambutan, Dubes menyempatkan diri berbincang dengan para jemaah, termasuk Sukinah yang merupakan haji tertua asal Magetan, berumur 93 tahun. 

Turut hadir Kepala Daerah Kerja Bandara Jedah-Madinah, Arsyad Hidayat dan petugas puluhan jemaah haji menyambut kedatangan jemaah haji.

Para jemaah yang sudah mendapatkan arahan menjaga kesehatan di Tanah Suci,diarahkan menuju hotel Ishraq al Bustan untuk beristirahat, menggunakan 10 bus.

Tonton Video Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya