Niat, Tata Cara dan Doa Membaca Surah Yasin 3 Kali di Malam Nisfu Syaban, Sabtu 24 Februari 2024

Setiap memasuki malam Nisfu Syaban, umat Islam biasanya memanfaatkan malam tersebut dengan mengerjakan berbagai amalan. Salah satu amalan yang sering dilakukan adalah membaca surah Yasin sebanyak tiga kali.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 22 Feb 2024, 04:30 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2024, 04:30 WIB
Ilustrasi Membaca Surah Yasin di Malam Nisfu Syaban
Ilustrasi membaca surah Yasin di malam Nisfu Syaban. (dok.unsplash/ Positive Moslem Attitude)

Liputan6.com, Bogor - Malam Nisfu Syaban 1445 H jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024 malam. Malam ini menjadi istimewa karena banyak keutamaan di dalamnya. Malam ini juga termasuk salah satu waktu mustajabnya berdoa.

Menurut pendakwah sekaligus Pengasuh LPD Al Bahjah KH Yahya Zainul Ma’arif atau akrab disapa Buya Yahya, malam Nisfu Syaban merupakan malam yang spesial bagi umat Islam.

Pada malam Nisfu Syaban Allah SWT akan memperhatikan secara khusus para makhluk-Nya. Allah SWT juga akan memberi pengampunan kepada makhluk-Nya, kecuali yang musyrik dan bermusuhan dengan saudaranya.

Allah SWT melihat kepada makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban, lalu memberikan ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali kepada orang yang menyekutukan Allah atau orang yang bermusuhan.” (HR at-Thabrani dan Ibnu Hibban)

Setiap memasuki malam Nisfu Syaban, umat Islam biasanya memanfaatkan malam tersebut dengan mengerjakan berbagai amalan. Salah satu amalan yang sering dilakukan adalah membaca surah Yasin sebanyak tiga kali.

Mengutip penjelasan situs Nahdlatul Ulama, amalan membaca surah Yasin di malam Nisfu Syaban tidak ada anjuran khusus dari nabi. Namun, amalan tersebut tidak ada masalah secara syar’i sehingga tidak perlu dipersoalkan apabila dikerjakan. Para ulama, khususnya ulama di Indonesia, juga sering membaca surah Yasin tiga kali di malam Nisfu Syaban.

Berikut ini niat dan tata cara membaca surah Yasin tiga kali di malam Nisfu Syaban lengkap doanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


3 Niat Membaca Surah Yasin Malam Nisfu Syaban

Ilustrasi Alquran
Ilustrasi Alquran (dok. unsplash/ali burhan)

Surah Yasin pada malam Nisfu Sya’ban dibaca sebanyak tiga kali setelah melaksanakan sholat maghrib. Setiap bacaan surah Yasin diniatkan dengan hajat yang berbeda-beda. Mengutip situs Pesantren Tebuireng, berikut adalah niat setiap bacaan surah Yasin pada malam Nisfu Sya’ban.

  1. Niat membaca surah Yasin pertama: Niat agar dipanjangkan umur karena ibadah kepada Allah 
  2. Niat membaca surah Yasin kedua: Niat agar mendapat rezeki yang banyak dan halal untuk bekal ibadah kepada Allah.
  3. Niat membaca surah Yasin ketiga: Niat agar diteguhkan imannya, supaya tetap istiqomah dalam kebaikan dan kebenaran sampai akhir hayat (husnul khotimah). Karena Iman itulah yang menentukan nasib masa depan seseorang.

Tata Cara Membaca Surah Yasin di Malam Nisfu Syaban

alquran
Ilustrasi Al Qur’an Credit: freepik.com

Surah Yasin dibaca tiga kali di malam Nisfu Syaban. Adapun cara membacanya yang umum dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Membaca niat membaca surah Yasin pertama, kedua, dan ketiga di malam Nisfu Syaban
  2. Membaca surah Yasin dari ayat pertama hingga terakhir
  3. Membaca doa malam Nisfu Syaban
  4. Mengulangi hingga tiga kali

Doa Malam Nisfu Syaban

Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Doa malam Nisfu Sya’ban yang biasa dibacakan tertera dalam kitab Maslakul Akhyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya. Berikut bacaan Arab, latin, dan artinya. 

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ   اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ   

Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn. 

Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa‘îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. 

Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn. 

Artinya: "Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. 

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. 

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’

Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT."

Demikian niat dan tata cara membaca surah Yasin tiga kali di malam Nisfu Syaban beserta doanya. Wallahu a'lam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya