6 Manfaat Konsumsi Air Kelapa, Sumber Hidrasi hingga Turunkan Kadar Gula

Air kelapa diyakini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jul 2021, 05:03 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2021, 05:03 WIB
ilustrasi air kelapa/unsplash
ilustrasi air kelapa/unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Air kelapa jadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang selama pandemi Covid-19. Selain dapat menghilangkan dahaga usai beraktivitas berat, air kelapa dinilai memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kegemaran orang mengonsumsi air kelapa karena minuman itu dinilai juga mampu menghilangkan berbagai penyakit. Selama ini, air kelapa diketahui mengandung nutrisi, seperti antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel tubuh.

Namun, tak hanya itu saja manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh. Berikut Liputan6.con merangkum enam di antaranya seperti dikutip dari laman Healthline, Senin, (05/07/2021).

1. Manfaat Bagi Penderita Diabetes

Air kelapa bisa menjadi olahan minuman segar yang membantu menyehatkan tubuh, salah satu manfaat terhadap diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya.

Dalam satu penelitian terhadap hewan tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang baik. Meski begitu, dengan tiga gram serat dan kandungan karbohidrat yang dapat dicerna hanya enam gram per cangkir atau 240 ml, air kelapa baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Selain itu, air kelapa mengandung sumber magnesium yang baik untuk tubuh. Hal ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe dua dan pradiabetes.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Mencegah Batu Ginjal

Ilustrasi batu ginjal
Ilustrasi batu ginjal ( Photo by Robina Weermeijer on Unsplash)

Bagi mereka yang rutin mengonsumsi air kelapa diyakini dapat mencegah penyakit batu ginjal. Sejumlah penelitian percaya bahwa air kelapa membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urin.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Minum air kelapa juga dapat mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

3. Kesehatan Jantung

Selanjutnya, minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Air kelapa dipercaya memiliki efek menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Selain itu, air kelapa memiliki sifat antioksidan yang kuat sehinggat dapat mencegah radikal bebas yang menyerang tubuh. Namun perlu diingat bahwa air kelapa memiliki dosis yang sangat tinggi, setara dengan 150 pon (68 kilogram) orang yang mengonsumsi 91 ons (2,7 liter) air kelapa per hari.

4. Mengurangi Tekanan Darah

Mengonsumsi air kelapa baik untuk mengontrol tekanan darah. Dalam penelitian pada orang dengan tekanan darah tinggi konsumsi air kelapa, air kelapa meningkatkan tekanan darah sistolik (tekanan darah yang lebih tinggi) pada 71 persen peserta.

Selain itu, air kelapa mengandung 600 mg potasium yang mengesankan dalam 8 ons (240 ml) yang baik untuk tubuh. Kalium terbukti menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau normal.


5. Bermanfaat Setelah Olahraga

Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi berolahraga. (dok. Unsplash.com/Tomasz Woźniak @huckster)

Air kelapa merupakan minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga kesimbangan cairan yang tepat.

Penelitian menemukan bahwa air kelapa dapat memulihkan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air biasa. Selain itu, mengonsumsi air kelapa memiliki manfaat mengurangi rasa mual dan ketidaknyamanan perut.

6. Sumber Hidrasi yang Lezat

Air kelapa memiliki rasa sedikit manis dan menyegarkan tubuh. Hal itu membuat air kelapa kerap dikonsumsi karena sumber hidrasi yang lezat. Minuman ini terbentuk secara alami di dalam buah dan mengandung 94 persen air dan sangat sedikit lemak. 

Namun, pastikan untuk membaca bahan-bahannya untuk memverifikasi bahwa Anda mendapatkan 100 persen air kelapa. Karena ada beberapa merek botolan mengandung tambahan gula atau zat penyedap.

Jika Anda ingin mengonsumsi usahakan simpan kelapa di lemari es. Anda bisa konsumsi selama dua hingga tiga minggu setelah pembelian. Namun, jika air kelapa terasa tidak enak atau beda dari hari sebelumnya segera buang agar tak menyebabkan masalah perut. (Muhammad Thoifur)


[INFOGRAFIS] Manis Pahit Kopi untuk Kesehatan

[INFOGRAFIS] Manis Pahit Kopi untuk Kesehatan
Kopi, menjadi salah satu minuman terfavorit masyarakat hampir di seluruh dunia. Apa pengaruh kopi bagi kesehatan?
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya