Cerita Isyana Sarasvati Naik Reog Saat Konser di Surabaya

Tak hanya menyuguhkan karya dari album Lexicon, Isyana Sarasvati juga mempersembahkan kesenian tradisional, yakni naik reog menuju panggung.

oleh Putu Elmira diperbarui 18 Jul 2022, 17:30 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2022, 17:30 WIB
6 Momen Isyana Sarasvati Konser Naik Reog di Surabaya, Memukau Penonton
6 Momen Isyana Sarasvati Konser Naik Reog di Surabaya, Memukau Penonton (Sumber: Instagram/stevi.item)

Liputan6.com, Jakarta - Isyana Sarasvati mempersembahkan sebuah konser dari tur yang mengusung tajuk "Lexiconcert Live on Tour" dari albumnya, "Lexicon". Tur penyanyi berusia 29 tahun ini digelar di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan ditutup di Bali.

Pada Jumat, 15 Juli 2022, Isyana Sarasvati melangsungkan Lexiconcert di Surabaya. Konser yang sukses menggebrak Kota Pahlawan ini dilaksanakan di DBL Arena Surabaya, Jawa Timur.

Salah satu momen yang mencuri perhatian baik penikmat konser hingga warganet adalah aksi Isyana Sarasvati menaiki Reog Ponorogo ketika memasuki area konser hingga menuju ke panggung. Di panggung, ia disambut oleh DeadSquad yang menjadi rekan kolaborasinya.

Istri Rayhan Maditra Indrayanto ini mengaku tak menyangka bahwa aksinya naik Reog Ponorogo dalam Lexiconcert Surabaya menjadi sorotan banyak orang. Isyana pun berbagi cerita di balik aksinya tampil dengan seni pertunjukan tradisional tersebut.

"Enggak nyangka juga sih kalau ternyata itu cukup di highlight sama orang-orang ya. Itu memang awalnya kenapa kita mau pakai reog di Jawa Timur itu bentuk apresiasi dan kolaborasi dengan elemen khas dan asli di wilayah yang kita datangi. Jawa Timur itu kan khasnya adalah reog," kata Isyana Sarasvati dalam acara virtual "Kolaborasi Isyana Sarasvati dan TikTok LIVE untuk "Lexiconcert Live on Tour", Senin (18/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Lexiconcert Surabaya

6 Momen Isyana Sarasvati Konser Naik Reog di Surabaya, Memukau Penonton
6 Momen Isyana Sarasvati Konser Naik Reog di Surabaya, Memukau Penonton (Sumber: Instagram/tokutji)

Isyana melanjutkan bahwa pertunjukan tersebut sudah melalui diskusi dengan pelaku kesenian reog. "Semua juga sudah berdasarkan rekomendasi langsung dari mereka menggunakan ini," terang dia.

Lulusan Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya ini juga membagikan pengalamannya yang tak terlupa ketika konser di Surabaya. Salah satunya adalah terwujudnya keinginan untuk membawakan lagu "IL SOGNO" secara langsung dengan rekan kolaborasinya, DeadSquad.

"Yang kemarin di Surabaya itu salah satu yang jadi highlight-nya adalah akhirnya bisa bawain "IL SOGNO" live sama DeadSquad secara langsung karena itu kan bisa dibilang cukup fenomenal kolaborasi kami waktu setahun lalu dan kita juga berandai-andai kapan bisa bawain itu secara live di satu panggung yang sama, eh ternyata kemarin berjodoh juga," ungkap Isyana.

Ia menyebut penampilan kolaborasi ini dapat terwujud di Lexiconcert Surabaya karena jadwal konser Isyana dan DeadSquad tidak bentrok. "Jadi akhirnya kita di sana seru banget headbang sama penggemar "IL SOGNO", itu sih salah satu yang aku enggak bisa lupakan, malah nagih gitu," tambahnya.


Bermakna

6 Momen Isyana Sarasvati Konser Naik Reog di Surabaya, Memukau Penonton
6 Momen Isyana Sarasvati Konser Naik Reog di Surabaya, Memukau Penonton (Sumber: Instagram/tokutji/motionbeast)

Lexiconcert baru terwujud setelah lebih dari dua tahun direncanakan sejak album Lexicon resmi dirilis pada November 2019 lalu. Tertundanya tur Isyana Sarasvati ini disebabkan pandemi Covid-19 yang melanda.

"Enggak nyangka juga walau sudah tertunda dua tahun lebih, tapi sambutan dan antusias para Isyanation dan penikmat musik Indonesia itu gede banget. Aku enggak nyangka di beberapa titik kemarin tiket terjual habis, penonton totalitas banget, semua kangen aku terbayarkan dengan show-show kemarin," jelas Isyana Sarasvati.

Lexicon disebutkan Isyana adalah album yang sangat personal baginya. Ia pun ingin menyuguhkan album ini secara langsung dengan tetap terasa intimate dan personal.

"Itu benar-benar menunjukkan cerminan jati diri seorang Isyana gitu. Kami menghadirkan konsep yang bisa dibilang panggungnya simpel, tapi teatrikal kita memainkan visual hingga tata panggung yang bisa dirasakan saat nonton live secara langsung Lexiconcert-nya," lanjut penyanyi kelahiran Bandung, 2 Mei 1993 tersebut. 


Kolaborasi dengan TikTok

Isyana Sarasvati
Isyana Sarasvati kolaborasi dengan TikTok. (Tangkapan Layar Zoom)

Isyana juga menyampaikan bahwa dirinya tengah berkolaborasi dengan TikTok. Sinergi ini dimulai dari Lexiconcert Surabaya pada Jumat lalu sebagai bentuk apresiasi untuk penggemarnya yang akrab disapa Isyanation serta komunitas TikTok yang mendukungnya selama Lexiconcert Live on Tour berlangsung.

"Mereka banyak yang memberikan dukungan membuat potongan-potongan konser aku terus dibagikan melalui hashtag Lexicon, kemarin kita juga live buat ngajak Isyanation dan komunitas TikTok bisa melihat persiapan menuju konser yang menurut aku," kata Isyana.

Menurutnya, hal tersebut sangat jarang dilihat dan ditemukan sebelumnya. Isyana dan TikTok membawa penonton secara live di belakang panggung untuk melihat persiapan hingga ke panggung.

"Teman-teman melihat aku waktu di lift mau naik ke atas panggung itu sebuah momen yang sangat berharga juga buat aku dan teman-teman bisa melihat secara langsung. Kita juga menayangkan sampai "Sikap Duniawi" kita masih nayangin dan kemudian satu lagi yang paling menarik adalah TikTok Shop, pada saat live stream di Lexiconcert Surabaya, kita juga jualan Lexiconcert tiket buat Bali di TikTok Shop," ungkapnya.

Ladies on Wall
Infografis jejak seni grafiti di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya