Kunjungan ke Jerman Bareng Erick Thohir, Jaket Jokowi di Tengah Cuaca Dingin Bikin Salah Fokus

Jika Erick Thohir terlihat memakai setelan jas dilengkapi dengan syal pelindung leher saat jalan kaki di Jerman, Jokowi hanya memakai jaket saja.

oleh Henry diperbarui 18 Apr 2023, 04:02 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 04:02 WIB
Kunjungan ke Jerman Bareng Erick Thohir, Jaket Jokowi di Tengah Cuaca Dingin Bikin Salfok
Kunjungan ke Jerman Bareng Erick Thohir, Jaket Jokowi di Tengah Cuaca Dingin Bikin Salfok.  foto: Instagram @erickthohir

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir bulan Ramadan 2023 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Kali ini Jokowi bertolak ke Hannover, Jerman.  Kunjungannya kali ini yakni guna menghadiri upacara pembukaan Hannover Messe 2023 di Hannover Congress Centrum. Ia pergi didampingi Iriana Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain menghadiri upacara pembukaan Hannover Messe 2023, Presiden Jokowi diketahui turut menggelar pertemuan bisnis dengan tiga pemimpin perusahaan Eropa di Hotel Kastens Luisenhoff.  Melansir merdeka.con, Senin, 17 April 2023, dalam pertemuan itu, pemimpin perusahaan BASF menyampaikan secara langsung kepada Jokowi bahwa akan berinvestasi dalam pembangunan ekosistem baterai mobil di Maluku Utara.

Melalui sebuah video yang diunggah Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya, @erickthohir, Minggu, 16 April 2023, Jokowi menyempatkan diri untuk sekadar jalan-jalan santai di sela-sela bertugas. Sejumlah petinggi negara pun nampak mendampingi Jokowi. Semua turut berjalan kaki layaknya mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Jalan-jalan pagi bersama Bapak Presiden," tulis Erick. Menurut Erick, situasi pagi hari di Kota Hannover kala itu cukup dingin. Tak heran jika Erick terlihat memakai setelan jas dilengkapi dengan syal pelindung leher berwarna senada. "Cukup dingin situasinya," ungkapnya.

Erick tampak mendampingi Jokowi yang memakai jaket berjalan kaki sambil menikmati suasana kota. Di jalanan, Jokowi nampak bertemu dengan sejumlah WNI yang berada di Hannover.

Sontak, mengabadikan momen dengan berfoto bersama menjadi salah satu hal yang tak luput dari kegiatan Jokowi kala itu. Satu per satu warga Indonesia mulai berfoto sembari bersalaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Tangguh Hadapi Cuaca Dingin

Kunjungan ke Jerman Bareng Erick Thohir, Jaket Jokowi di Tengah Cuaca Dingin Bikin Salfok
Kunjungan ke Jerman Bareng Erick Thohir, Jaket Jokowi di Tengah Cuaca Dingin Bikin Salfok. foto: Instagram @jokowi

"Ketemu masyarakat Indonesia juga di Hannover," tulis Erick. Namun ternyata warganet salah fokus dengan pakaian yang dikenakan Jokowi saat berjalan kaki dan jadi pembahasan. Jokowi disebut cukup tangguh di tengah cuaca dingin.

Sebab, di antara rombongan, hanya Jokowi yang nampak berpenampilan santai. Ia hanya mengenakan jaket biasa, sepatu olahraga, serta celana panjang. Tak ada perlengkapan pelindung dari cuaca yang disebut Erick cukup dingin tersebut.

"Hebat pak @jokowi engga pake syal atau apapun, tahan dingin," tulis seorang warganet.

"Cukup pake jaket bomber pakde," komentar warganet lainnya.

"Pak jokowi nggak ada dingin-dinginnya tuh. Kayak di indonesia aja pake jaket," timpal warganet lainnya.

Pada Januari lalu, Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri melakukan kunjungan ke salah satu mal di Pekanbaru, Riau. Di sana, Jokowi ternyata sempat membeli sweater dari brand lokal bernama Hammer.

Dari foto yang diunggah di akun Instagram resmi Presiden, tampak Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memakai sweater yang sama dengan Jokowi. Sementara Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga ikut dalam rombongan, memilih jaket berwarna biru dan abu-abu dari brand yang sama.


Sweater Hammer Jokowi

Presiden Jokowi dan sejumlah menteri menyapa warga saat berkunjung ke mal di Kota Pekanbaru, Riau
Presiden Jokowi dan sejumlah menteri menyapa warga saat berkunjung ke mal di Kota Pekanbaru, Riau. Dalam kesempatan ini, Jokowi dan para menteri berbelanja produk-produk lokal. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

 

"Datang ke sebuah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru, semalam, saya bersama Pak Pratikno, Pak Basuki, dan Pak Erick sempat masuk satu gerai dan berbelanja sweater lengan panjang dan jaket. Mal di kota ini masih ramai pengunjung pada pukul delapan malam," tulis Jokowi dalam keterangan unggahannya, Kamis, 5 Januari 2023.

Seperti tertulis pada sweater yang digunakan Jokowi dan dua menterinya, merek Hammer sudah ada di Indonesia sejak 1987. Brand tersebut dirintis pebulutangkis legendaris Indonesia Eddy Hartono. Kini, bisnis jenama pakaian tersebut telah diteruskan anaknya Mario Hartono.

Dilihat dari situs resmi Hammer, Jokowi dan dua menterinya rupanya memakai Hammer Men Sweatshirt berbahan katun, dengan potongan loose-fit berlengan panjang dan tanpa tudung. Harga normal dari sweater tersebut, yakni Rp399 ribu.

Sedangkan jaket yang digunakan Erick Thohir juga berbahan katun dengan desain bordir di depan dengan huruf H besar dan tulisan Hammer pada bagian belakang. Harga normal jaket tersebut dibanderol Rp599 ribu.

 


Jokowi Dibandingkan dengan PM Malaysia

Jokowi Bertemu Elon Musk di SpaceX Amerika Serikat
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan diskusi singkat dilanjutkan berkeliling melihat fasilitas markas besar SpaceX tersebut. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

 

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi kerap menggunakan dan mempromosikan produk-produk lokal. Begitu juga saat bertemu dengan pendiri SpaceX, Elon Musk. Momen ini berlangsung di Markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, 14 Mei 2022, waktu setempat.

Tidak hanya warganet Indonesia, kunjungan Jokowi ke pabrik produksi roket itu ternyata juga menarik perhatian publik Malaysia. Gara-gara sepatu yang dipakainya, Jokowi dibanding-bandingkan dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Ismail Sabri Yaakob.

"Sahabat Twitter, mau kasih tahu sepatu yang dipakai Jokowi tempo hari ketika bertemu Elon Musk di USA itu adalah merk Project NAH buatan Bandung, Indonesia," tulis akun Twitter @syedakranim dalam bahasa Melayu, 16 Mei 2022.

"Harganya sekita RM112 (senilai sekitar Rp375 ribu). Pria ini (Jokowi) benar-benar mau majukan negaranya, sehingga hal kecil ini pun dia pikirkan," tambahnya.

Cuitan yang telah disukai lebih dari 17 ribu kali itu sontak menarik banyak respons dari warganet Malaysia maupun Indonesia. "Coba ya aku screenshoot mau dikasih ke Perdana Menteri Malaysia sama menteri-menteri lain," komentar seorang warganet.

 

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya