5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok

Berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti stres, kelelahan, kurangnya nutrisi, dan penggunaan alat styling yang berlebihan.

oleh Algyano Rosadita pada 11 Jun 2023, 15:29 WIB
Diperbarui 11 Jun 2023, 15:29 WIB
Rambut Rontok Berlebih, Inilah 6 Penyebab Tersering (Dmitry A/Shutterstock)
Rambut Rontok Berlebih, Inilah 6 Penyebab Tersering (Dmitry A/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang sehat dan kuat merupakan dambaan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang mengalami masalah rontok atau kebotakan. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti stres, kelelahan, kurangnya nutrisi, dan penggunaan alat styling yang berlebihan.

Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara ampuh untuk membuat rambut lebih kuat dan mencegah kerontokan. Berikut adalah 5 tips ampuh yang bisa membantumu mengatasi masalah rambut rontok dan lakukan dengan rutin agar hasilnya maksimal. 

 


Pilih Sampo yang Tepat

Memilih sampo yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Sampo yang mengandung bahan kimia keras seperti sulfat dan paraben dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan. Kamu dapat memilih produk yang teruji secara klinis dan terbuat dari 90% bahan alami, salah satunya yang mengandung Argan Oil. Pilih juga sampo yang memiliki pH seimbang untuk memperbaiki rambut dari rambut rontok dan kusam, melembutkan, serta membuat rambut harum sepanjang hari.

 

 


Gunakan Kondisioner

Kondisioner adalah produk perawatan rambut yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Kondisioner dapat membantu melembabkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Selain itu, kondisioner juga dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan mencegah kerontokan. Gunakan kondisioner setiap kali mencuci rambut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pilihlah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut atau sesuai dengan produk sampo yang digunakan, untuk mendapatkan hasil maksimal. 

 


Hindari Penggunaan Alat Styling Berlebihan

Menggunakan alat styling seperti hair dryer, catok, atau curly iron dapat merusak rambut jika digunakan terlalu sering atau terlalu panas. Gunakan alat styling sesuai kebutuhan dan hindari penggunaan yang berlebihan.  

Jika memungkinkan, biarkan rambut kering secara alami tanpa menggunakan hair dryer. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung perlindungan panas sebelum menggunakan alat styling. 


Minum Vitamin Rambut

Vitamin rambut, seperti vitamin B, vitamin C, dan vitamin E, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Pastikan kamu juga menjaga kesehatan rambut dari dalam, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin tersebut, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah-buahan. 

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin rambut untuk memastikan agar kamu mendapatkan nutrisi yang cukup untuk rambut. Jika memang kondisi rambut rontok makin parah, ada baiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan. 

 


Rajin Memijat Kulit Kepala

Terakhir, rajinlah memijat kulit kepala setiap kali mencuci rambut. Pijatan lembut pada kulit kepala dapat membantu melancarkan peredaran darah dan memperkuat akar rambut. Selain itu, pijatan juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidurmu yang juga dapat berpengaruh pada kesehatan rambutmu. 

Pastikan memijat kulit kepala setelah mandi atau ketika rambut dalam kondisi yang lembab. Ini akan membuat pijatan lebih mudah dilakukan dan lebih efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.   

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya