Momen Guru Kesulitan Menyebut Nama Siswa Gen Z, Rawan Typo dan Bikin Lidah Keseleo

Nama anak-anak Gen Z kerap dibuat panjang dan unik yang membuat banyak orang kesulitan menyebutkan namanya secara lengkap, termasuk pengalaman guru yang satu ini.

oleh Farel Gerald diperbarui 13 Agu 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2023, 22:00 WIB
Nama Gen Z
Nama murid pada absen 19 "Revaveroesy Veisaqireina Mulawarman" yang diduga sulit dieja dan dibaca (dok. Twitter @@kegblgnunfaedh/https://twitter.com/kegblgnunfaedh/status/1686351223270854657?t=H8WCmvo19BW66sS8-eu9mA&s=19/Farel Gerald)

Liputan6.com, Jakarta - Generasi Z yang lahir antara 1997 hingga 2012 terus mengejutkan dunia dengan perubahan dan tren yang mereka bawa. Salah satu fenomena terbaru yang muncul adalah penamaan anak-anak Gen Z dengan nama yang unik, panjang, dan sulit dibaca.

Tidak seperti generasi sebelumnya yang cenderung menggunakan nama-nama tradisional atau populer, Gen Z tampaknya lebih tertarik pada nama-nama yang unik dan berbeda. Ini bisa mencakup nama yang memiliki ejaan yang tidak konvensional, penggunaan huruf-huruf tidak biasa, atau bahkan gabungan dari beberapa nama.

Hal itu terlihat dari sebuah unggahan akun Twitter @kegblgnunfaedh yang memiliki lebih dari 8,3 juta pengikut. Pada Selasa, 1 Agustus 2023, akun tersebut mengunggah sebuah foto dan video dengan keterangan 'Luar biasa namanya, Takut Typo saat nulis' yang dilengkapi dengan emoji tertawa.

Video itu menunjukkan daftar kehadiran 26 siswa kelas X saat mata pelajaran seni budaya di sebuah sekolah. Yang membuat unggahan tersebut menarik dan menjadi viral bukanlah jumlah siswa yang hadir atau absen, melainkan nama salah satu siswi yang tertera dalam daftar tersebut.

Nama unik dan jarang ditemui ini menimbulkan berbagai reaksi dan komentar dari pengguna media sosial. "Guys, guys, ini nomor 19 bacanya gimana ya?" tanya guru tersebut sambil merekam video dan menyoroti sang pemilik nama.

"Revaveroesy Veisaqireina Mulawarman," jawab pemilik nama dengan lancar.

Selanjutnya, guru tersebut pun mengeja kembali nama tersebut dengan perlahan dan tersendat sendat. "Namanya susah banget," komentar guru itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama Tak Kalah Unik

Nama Gen Z
Nama unik lainnya, kali ini merupakan gabungan dari Bahasa Perancis dan Bahasa Inggris. (dok. Twitter @yoe_nahh/https://twitter.com/yoe_nahh/status/1686611227618025472?t=hoUxwvlUsU8d49Eu9Oso8Q&s=19/Farel Gerald)

Alhasil hal ini mengundang gelak tawa murid-murid di kelas tersebut yang pastinya sudah biasa dengan mengeja nama sulit temannya itu. Unggahan tersebut pun mendapat jumlah tayangan mencapai 1,3 juta penonton dan mendapat banyak reaksi oleh para warganet.

"Jangan nyalahin anak Gen Z yg ngasih nama pasti ortu milenial," tulis akun @donkim3∅ di kolom komentar.

"Takut banget lidahnya keseleo itu nyebut namanya, susah amat," tulis akun lain @shopxen diakhiri emoji sedih.

"ini juga belum tentu bapaknya tau nama lengkap anaknya sendiri," tulis akun @purpleflows bercanda.

Dalam unggahan yang sama, akun Twitter dengan nama @yoe_nahh membagikan sebuah foto yang memancing tawa banyak pengguna. Foto tersebut diunggah di kolom komentar pada Rabu, 2 Agustus 2023, dan menampilkan sebuah nama yang tak biasa, Jean D'Arc Gwyneth Stella Beckinshield.

Dalam caption yang ia sertakan, @yoe_nahh menulis, "Yang nulis ijazah harus hati2."

"Apakah nasibnya bakal dibakar juga," komentar akun @pawseidonn lengkap dengan emoji menangis. Komentar ini merujuk kepada nasib tragis yang dialami oleh pahlawan nasional Perancis, Jeanne d'Arc, yang dibakar di tiang pancang.


Nama Terpanjang

Wanita Ini Punya Nama Terpanjang yang Terdiri dari 1.019 Huruf, Hingga Susah Menghafalnya
Wanita Ini Punya Nama Terpanjang yang Terdiri dari 1.019 Huruf, Hingga Susah Menghafalnya (Sumber: Mirror.co.uk)

Melansir kanal Hot Liputan6.com, seorang ibu bernama Sandra Williams, asal Texas, Amerika Serikat itu memutuskan untuk memberi putrinya yang lahir pada 1984 dengan nama unik. Sandra Williams memberi nama yang sangat panjang untuk anak perempuannya.

Saat sang anak lahir pada 12 September 1984, pada akta kelahirannya tersemat nama Rhoshandiatellyneshiaunneveshenk Koyaanisquatsiuth Williams. Berselang tiga pekan, ia memutuskan untuk memberi nama yang lebih panjang lagi. Bahkan, wanita itu diberi nama panjang oleh sang ibunda hingga terdiri dari 1.019 huruf.

Mereka juga menambahkan 36 huruf untuk nama tengah bayi perempuan itu. Setelah diganti, nama wanita itu kini menjadi amat panjang hingga membuat bingung yang membaca.

Rhoshandiatellyneshiaunneveshenkescianneshaimondrischlyndasaccarnae renquellenendrasamecashaunettethalemeicoleshiwhalhinive’onchellecaundenesh eaalausondrilynnejeanetrimyranaekuesaundrilynnezekeriakenvaunetradevonneya vondalatarneskcaevontaepreonkeinesceellaviavelzadawnefriendsettajessicanneles ciajoyvaelloydietteyvettesparklenesceaundrieaquenttaekatilyaevea’shauwneorali aevaekizzieshiyjuanewandalecciannereneitheliapreciousnesceverroneccalovelia tyronevekacarrionnehenriettaescecleonpatrarutheliacharsalynnmeokcamonaeloies alynnecsiannemerciadellesciaustillaparissalondonveshadenequamonecaalexetiozetia quaniaenglaundneshiafrancethosharomeshaunnehawaineakowethauandavernellchishankcarl inaaddoneillesciachristondrafawndrealaotrelleoctavionnemiariasarahtashabnequcka gailenaxeteshiataharadaponsadeloriakoentescacraigneckadellanierstellavonnemyiat angoneshiadianacorvettinagodtawndrashirlenescekilokoneyasharrontannamyantoniaaquin ettesequioadaurilessiaquatandamerceddiamaebellecescajamesauwnneltomecapolotyoajohny aetheodoradilcyana

Nama yang terlalu panjang itu pun membuat akta wanita itu memiliki panjang sekitar dua kaki atau 0,6 meter. Karena Rhoshandiatellyneshiaunneveshenk Koyaanisquatsiuth bukanlah nama yang paling menarik untuk penggunaan sehari-hari, teman-teman dan keluarganya hanya memanggilnya Jamie.

Usut punya usut, rupanya sang ibu punya alasan memberi nama sangat panjang untuk anak perempuannya. Ketika berbincang dengan Oprah Winfrey pada 1997, saat Jamie berusia 12 tahun, ia menyebutkan jika ingin memecahkan Guinness World Record.

 


Kecintaan pada Tanah Air Indonesia

Seorang Ibu Beri Nama 4 Anaknya Indo, Nesia,Tanna, dan Air
Seorang Ibu Beri Nama 4 Anaknya Indo, Nesia,Tanna, dan Air (Sumber: TikTok/desimegasari15)

Baru-baru ini, seorang kreator TikTok dengan nama akun @desimegasari15 menjadi sorotan di media sosial karena mengungkapkan nama-nama unik saudara iparnya. Dalam video yang nampaknya direkam dalam sebuah acara ulang tahun Ibu Mertuanya, mengatakan bahwa anak saudara ipar dan suaminya diberi nama berdasarkan kecintaan ibu mertua pada tanah Air Indonesia, yaitu Indo, Nesia, Tanna, dan Air.

Dalam video yang diunggah pada 13 Juli 2023 tersebut, disebutkan bahwa sang Ibu sangat cinta pada negara Indonesia. Nama-nama panggilan anak-anaknya, jika digabungkan, membentuk sebuah kalimat yang maknanya sangat dekat dengan Indonesia.

Pertama, ada anak perempuan bernama Nesia yang sudah menikah dan memiliki anak. Kedua, ada anak perempuan lain yang diberi nama Tanna dan juga sudah berkeluarga. Ketiga, adalah seorang anak laki-laki bernama Indo, yang terlihat berfoto bersama ibu dan istrinya. Sedangkan yang terakhir, ada anak perempuan bernama Air.

Sekilas nama-nama tersebut sudah terdengar unik, namun lebih menarik lagi saat keempat nama anak tersebut digabungkan menjadi kalimat "Indo-Nesia-Tanna-Air," alias "Indonesia Tanah Air."

Mengetahui keunikan nama-nama tersebut warganet yang penasaran menanyakan nama lengkap setiap anak. Dalam unggahan yang berbeda @desimegasari15 mengunggah Kartu Keluarga yang berisikan langkap nama-nama Indo, Nesia, Tanna, dan Air. Adapun, keempat anak tersebut memiliki nama panjang Indo Apriansyah, Nesia Roslina, Tanna Dewi Shanti, dan Airna Fitria Bonita.

Infografis Daftar 130 Nama Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Malang. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Daftar 130 Nama Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Malang. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya