Terapkan Pariwisata Berkelanjutan, Resor Bintang 5 di Ungasan Bali Raih Penghargaan

Sebuah resor bintang lima yang berada di Ungasan Bali, Umana Bali, LXR Hotels & Resorts berhasil mendapatkan dua penghargaan prestisius di tingkat domestik dan internasional.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 12 Jul 2024, 22:20 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 01:19 WIB
Terapkan Pariwisata Berkelanjutan, Resor Bintang 5 di Ungasan Bali Raih Penghargaan.
Terapkan Pariwisata Berkelanjutan, Resor Bintang 5 di Ungasan Bali Raih Penghargaan. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Umana Bali, LXR Hotels & Resorts, sebuah resor bintang lima yang berada di Ungasan Bali, berhasil mendapatkan dua penghargaan prestisius di tingkat domestik dan internasional. Penghargaan pertama datang pada akhir bulan Juni dari salah satu travel magazine bergengsi di dunia yaitu Elite Traveler Magazine untuk kategori Top New Hotel Suites.

Sementara di awal bulan Juli ini, penghargaan domestik didapat dari Marketeers Sustainability Marketing Excellence 2024 untuk kategori Local Community Empowerment Program of the Year. Elite Traveler Magazine, dikenal karena menawarkan informasi mendalam tentang destinasi super mewah, menjadikannya sebagai sebuah pencapaian bagi properti mana pun untuk diakui.

Tahun ini, Elite Traveller memperkenalkan kategori baru, Top New Hotel Suites, dengan fokus pada penilaian hotel-hotel terbaru. Dalam edisi perdananya, tim Elite Traveler meninjau ratusan hotel mewah yang baru buka selama 18 bulan terakhir. Para experts di bidang luxury travel melakukan penilaian dengan melakukan kunjungan dan menginap di suite untuk merasakan pengalaman yang ditawarkan secara langsung. Setelah melakukan evaluasi menyeluruh, panel memilih pemenang berdasarkan kombinasi ulasan para expertise, feedback tamu, dan overall experience.

Dari seluruh penilaian, Three-bedroom Umana Ocean Pool Villa berhasil masuk dalam daftar Top New Hotel Suites, mengungguli ratusan hotel lain, menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar prestisius tersebut. Selain mendapatkan pengakuan atas pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan, komitmen Umana Bali terhadap sustainability juga diakui secara domestik.

Diselenggarakan oleh salah satu media pemasaran dan bisnis terkemuka di Indonesia, Marketeers Magazine, Marketeers Sustainability Marketing Excellence 2024 diikuti oleh puluhan perusahaan dari berbagai sektor yang berpartisipasi dalam 25 kategori berbeda. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan, lembaga atau organisasi yang berhasil menerapkan prinsip-prinsip sustainability dalam strategi pemasaran serta berdampak nyata bagi masyarakat luas.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, Umana dianugerahi penghargaan Local Community Empowerment Program of the Year atas komitmennya dalam memberdayakan masyarakat lokal. Sebagai properti pertama dari LXR Hotels & Resorts yang hadir di kawasan Asia Tenggara, pengalaman yang dihadirkan Umana Bali berakar pada filosofi lokal Bali, Tri Hita Karana yang menekankan hubungan dengan Ketuhanan (Parahyangan), hubungan dengan sesama (Pawongan), dan hubungan dengan alam (Palemahan).

Hal ini pula yang menjadi landasan nilai Umana dalam usahanya untuk memberdayakan masyarakat lokal. Umana Bali memprioritaskan komunitas lokal dan lingkungan melalui kemitraan yang dijalin dengan perajin lokal yang terampil Melalui kemitraan ini, resor telah menghasilkan karya seni yang unik, menggunakan bahan-bahan lokal seperti marbel Jawa dan rotan yang indah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mematuhi Prinsip Zero-Waste

Terapkan Pariwisata Berkelanjutan, Resor Bintang 5 di Ungasan Bali Raih Penghargaan
Terapkan Pariwisata Berkelanjutan, Resor Bintang 5 di Ungasan Bali Raih Penghargaan.  foto: istimewa

Mereka juga mengembangkan amenities yang ramah lingkungan termasuk perlengkapan rias yang terbuat dari lembar daun pisang yang didaur ulang, kotak dari tempurung kelapa, dan sandal alami yang terbuat dari serat pandan dan mendong. Selain itu, Umana turut membantu kesejahteraan masyarakat sekitar melalui pengadaan lapangan pekerjaan bagi mereka. Tercatat, sekitar 40% anggota tim di Umana Bali merupakan penduduk Ungasan yang bekerja secara full time dan harian.

Hal yang sama juga berlaku pada cara Umana dalam memproduksi setiap sajian makanannya. Umana mengutamakan bahan-bahan yang diambil dengan praktik yang etis. Mulai dari telur ayam kampung berkualitas tinggi dan dipastikan lolos standar keamanan bersertifikasi hazard analysis and critical control points (HACCP), dan hasil tangkapan laut seperti ikan salmon yang ditangkap sesuai praktik sustainable fishing bersertifikasi marine stewardship council (MSC).

Seluruh makanan yang disajikan mematuhi prinsip zero-waste untuk memastikan makanan yang diproduksi dapat dinikmati secara efektif. Limbah yang terkumpul dari sisa makanan yang ada akan diolah menjadi pupuk atau didaur ulang oleh komunitas setempat.

Serupa dengan hal tersebut, Umana juga menjalankan inisiatif dalam meminimalisir penggunaan air, dengan memanfaatkan air hujan yang ditampung, gray water (air daur ulang yang diproses dari air limbah bak mandi, wastafel, toilet, dan pemakaian sehari-hari), dan air kondensasi AC untuk menjadi sumber air yang digunakan untuk merawat taman dan kebun di lingkungan Umana.

 


Keelarasan dengan Alam Sekitar

Terapkan Pariwisata Berkelanjutan, Resor Bintang 5 di Ungasan Bali Raih Penghargaan.
Terapkan Pariwisata Berkelanjutan, Resor Bintang 5 di Ungasan Bali Raih Penghargaan. foto: istimewa

“Umana Bali adalah sebuah destinasi yang merayakan nilai-nilai tradisional Bali dalam balutan kemewahan kontemporer. Setiap detil dan aspek dari tiap pengalaman yang kami tawarkan kepada tamu dikurasi secara cermat agar berkesan. Selain mengutamakan kemewahan, Umana Bali menjadi contoh penerapan responsible tourism secara harmonis yang menyeimbangkan kesejahteraan masyarakat lokal, pelestarian alam, dan penghormatan spiritual.

Pendekatan holistik ini mewujudkan sebuah perpaduan antara pelayanan terbaik berstandar tinggi tanpa melupakan tanggung jawab untuk memastikan keselarasan dengan alam sekitar, warisan budaya, dan kehidupan masyarakat sekitar,” terang General Manager Umana Bali, Serpil Guney.

Secara keseluruhan, Umana Bali memiliki 72 unit vila yang terbagi menjadi 1 bedroom villa seluas 403 meter persegi, 2 bedroom villa seluas 562 meter persegi hingga 3 bedroom Umana Pool Villa dengan seluas 1.200 meter persegi yang menjadi ukuran vila terbesar yang ditawarkan di Umana. Setiap vila memberikan pengalaman terbaik dengan fasilitas seperti infinity-edge pool, outdoor hot tub, indoor and outdoor shower, dan kamar mandi marmer mewah lengkap dengan bathtub untuk berendam.

Keberhasilan Umana dalam mengkombinasikan desain arsitektur hingga fasilitas dan layanan, dirancang untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para tamu. Untuk informasi lebih lanjut dan melakukan reservasi, silakan kunjungi website resmi Umana Bali atau hubungi +62 361 3007000. Untuk informasi terbaru mengenai Umana, silakan kunjungi akun Instagram resmi @umanabali.

 

Infografis Manfaat KTT G20 Bali Bagi Masyarakat Indonesia
Infografis Manfaat KTT G20 Bali Bagi Masyarakat Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya