Dukung Upaya Promotif dan Preventif dengan Menggelar Cek Segitiga dan Konsultasi Gratis Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes

Dharma dexa, mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalani skrining penyakit kronis bertajuk 'Cek Segitiga'. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya melakukan skrining kesehatan.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 25 Jul 2024, 20:09 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2024, 00:11 WIB
Dukung Upaya Promotif dan Preventif dengan Menggelar Cek Segitiga dan Konsultasi Gratis Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes
Dukung Upaya Promotif dan Preventif dengan Menggelar Cek Segitiga dan Konsultasi Gratis Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Sejalan dengan program transformasi kesehatan yang dicanangkan pemerintah, PT Dexa Medica melalui Corporate Social Initiatives, dharma dexa, mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalani skrining penyakit kronis bertajuk 'Cek Segitiga'. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya melakukan skrining kesehatan.

"Kita mengadakan acara tes segitiga; hipertensi, kolesterol, dan diabetes di enam kota dengan target lebih dari 2.000 pasien yang melakukan cek kesehatan gratis. Rangkaian acara ini digelar dalam rangka menuju HUT ke-55 Dexa Medica," kata Presiden Direktur PT Dexa Medica, V Hery Sutanto di sela acara yang diadakan pada 21 Juli 2024 di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurut Hery, rangkaian acara ini akan menggandeng mitra yakni rumah sakit, apotek serta klinik. Pada Cek Segitiga di Jakarta, Dexa Medica bekerja sama dengan RS Abdi Waluyo, aplikasi GoApotik, dan telemedicine dkonsul, hingga olahraga pound fit bersama dengan Stimuno Forte. Ia menambahkan, acara ini juga bentuk dukungan Dexa Medica terhadap program pemerintah yakni mengutamakan upaya promotif dan preventif kesehatan.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya edukasi ke masyarakat untuk hidup sehat, sesuai program promotif-preventif kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI, nantinya Dexa juga akan menggandeng lebih dari 1.000 Apotik dan Klinik, untuk program edukasi dan skrining kesehatan ini," tuturnya..

Dalam acara kali ini, masyarakat berkesempatan untuk memeriksa kesehatan secara gratis, mendapatkan konsultasi dokter dari RS Abdi Waluyo, edukasi dari apoteker, serta berpartisipasi dalam games olah raga interaktif. Program 'Cek Segitiga' dirancang untuk memberikan layanan skrining penyakit kronis dan konsultasi gratis kepada masyarakat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Dukung Upaya Promotif dan Preventif dengan Menggelar Cek Segitiga dan Konsultasi Gratis Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes.
Dukung Upaya Promotif dan Preventif dengan Menggelar Cek Segitiga dan Konsultasi Gratis Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes. foto: istimewa

Program ini mencakup 3 pemeriksaan utama yakni tekanan darah, gula darah sesaat, dan kolesterol dalam 3 tahapan, yakni skrining dengan melakukan pemeriksaan kesehatan awal, konsultasi untuk mendapatkan nasihat medis dari dokter, serta edukasi dengan mempelajari cara menjaga kesehatan secara berkelanjutan.

 "Kita mewujudkan core value perusahaan kita yaitu Deal with Care, peduli atas sesama, jadi kita menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan untuk para pengunjung di GBK ini," jelas Corporate Affairs Director Dexa Group, Tarcisius Tanto Randy.

“Sejalan dengan upaya skrining kesehatan ini, harapannya dapat menurunkan prevalensi penyakit tidak menular dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan. “Harapan ke depannya ada kontribusi terhadap penurunan beban pembiayaan penyakit tidak menular,” lanjutnya.

Pada skrining kesehatan, banyak warga dengan kolesterol tinggi terdeteksi di program skrining kesehatan. Dokter RS Abdi Waluyo yang bertugas, dr. Armand Achmadsyah mengungkap bahwa warga dengan kolesterol tinggi tak hanya yang lanjut usia saja. "Memang statistiknya sendiri nggak cuma pasien-pasien yang sudah tua, bahkan ada yang 24 tahun itu kolesterolnya sudah tinggi," terang dr. Armand. 

 


Pentingnya Skrining Kesehatan

Dukung Upaya Promotif dan Preventif dengan Menggelar Cek Segitiga dan Konsultasi Gratis Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes.
Dukung Upaya Promotif dan Preventif dengan Menggelar Cek Segitiga dan Konsultasi Gratis Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes. foto: istimewa

Pada tahap pertama, dr. Armand menganjurkan perubahan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol. Setelah gaya hidup dan pola makan diubah namun angka kolesterol masih tinggi, barulah dilakukan terapi pengobatan.

"Skrining kesehatan sangat penting karena dengan kita skrining, kita jadi tahu mana kelompok berisiko dan mana yang sehat. Skrining harus dilakukan secara berkala," ujarnya.

Dalam acara ini, brand Stimuno yang merupakan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) fitofarmaka berbahan baku meniran, mendorong gaya hidup sehat dengan menggelar olah raga poundfit yang saat ini sedang digemari masyarakat.

Para pengunjung juga mendapat kupon belanja di aplikasi GoApotik. GoApotik adalah PSEF (Penyedia Sarana Elektronik Farmasi) yang juga menjadi agregator apotek online terlengkap dan terpercaya di Indonesia.

 

Infografis Journal
Infografis Journal: Gaya Hidup Buruk, Diabetes Mengancam Kaum Muda (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya