Sambut HUT ke-79 RI, Tiket Masuk TMII Dijual Hanya Rp7.900 pada 17 Agustus 2024

Harga tiket masuk TMII itu jauh lebih murah dibandingkan harga tiket masuk reguler. Beragam perlombaan dengan hadiah menarik juga bakal digelar untuk memeriahkan perayaan HUT ke-79 RI.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 13 Agu 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 15:00 WIB
20150719-5 Tempat Wisata di Jakarta yang Jadi Primadona Saat Lebaran 3
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selalu ramai saat Lebaran. TMII mempunyai berbagai macam anjungan dan bangunan terkenal dari seluruh pelosok Indonesia, dapat membantu pengunjung untuk menikmati berbagai budaya yang ada di Indonesia. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang sudah tak sabar menantikan perayaan HUT ke-79 RI yang jatuh pada Sabtu, 17 Agustus 2024? Salah satu yang bikin antusias warga Indonesia adalah berbagai pesta rakyat yang disiapkan, begitu pula yang dilakukan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Senin, 12 Agustus 2024, acara dimulai dengan upacara bendera pada 17 Agustus 2024 yang akan diikuti seluruh karyawan TMII, anjungan, museum, dan mitra, dengan mengenakan pakaian khas daerah. Selanjutnya, mereka akan menggelar beragam lomba, seperti panjang pinang dan balap karung.

"Lomba-lomba bisa diikuti oleh pengunjung. Gratis. Hadiahnya ada uang tunai dan barang-barang atau produk dengan total puluhan juta rupiah," kata Novera Mayang Sari, Digital & Media Relation Manager TMII.

Kemeriahan di hari itu akan dilanjutkan dengan pawai budaya dan parade mobil listrik serta sepeda hias. Rangkaian kegiatan ditutup dengan penampilan tari kecak di Jawadwipa Amphitheater, Anjungan Jawa Barat. Pengunjung bisa mengikutinya secara gratis.

Rangkaian acara perayaan HUT RI masih dilanjutkan keesokan harinya, yakni pertunjukan fragmen tari dari Kabupaten Badung, Bali. Di puncak acara, Maliq d'Essentials dan Fortwenty bakal menghibur pengunjung tanpa dipungut biaya.

Selain rangkaian acara, pengelola juga menyediakan sejumlah promo. Salah satunya harga tiket masuk TMII yang hanya Rp7.900 per orang, jauh lebih murah dari harga tiket reguler yang mencapai Rp35 ribu per orang di hari biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Promo bagi Pemilik Nama Agus

Taman Mini Indonesia Indah
Anjungan Provinsi Sumatera Barat sepi dari kunjungan wisatawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (14/10/2020). TMII membuka kembali tempat wisatanya saat Pemerintah Provinsi DKI sudah memberlakukan PSBB Transisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain harga tiket masuk yang miring, ada pula promo khusus bagi pemilik nama Agus. Mereka berhak gratis naik kereta gantung, masuk Museum Bayt Al-Quran, dan Indonesia Science Center (PPIPTEK). Caranya, wajib menunjukkan KTP.

Sementara, Jagat Satwa Nusantara yang mengelola Taman Burung, Museum Komodo, dan Dunia Air Tawar menawarkan diskon 17 persen untuk masuk ke tiga wahana. Ada pula promo tiket Teater Keong Mas hanya Rp40 ribu per orang. 

"Bagi pengunjung yang akan berkunjung ke TMII dihimbau untuk membeli tiket secara online di www.tamanmini.com. Tersedia halte Bus Transjakarta di pintu masuk TMII untuk pengguna angkutan umum dan layanan shuttle gratis yang langsung mengangkut pengunjung dari Lobby Stasiun LRT TMII ke Tourist Information Center TMII dan sebaliknya," sambung Mayang.

Sementara, harga tiket masuk TMII sudah termasuk akses ke seluruh anjungan Nusantara di TMII secara gratis. Ada juga beberapa museum yang bisa didatangi tanpa membayar, meliputi Museum Indonesia, Museum Penerangan, Museum Timor-Timur, Museum Hakka dan Cheng Ho, serta Museum Batik. Namun, tiket parkir kendaraan dan sejumlah wahana lain dibayar terpisah.


Jokowi Undang Hanya 1.300 Orang Rayakan HUT RI di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak menteri kabinetnya keliling di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak menteri kabinetnya keliling di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden )

Di kesempatan berbeda, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, awalnya ingin mengundang 8.000 tamu untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Namun, dia menyadari bahwa hotel dan akomodasi untuk mengundang 8.000 tamu tak mencukupi.

"Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 nanti akan ada upacara di Ibu Kota Nusantara. Awal-awal yang diundang itu 8.000, dihitung-hitung ternyata hotel nya nggak cukup, akomodasi tidak cukup," kata Jokowi saat melakukan groundbreaking Nusantara Internasional Convention Center and Hotel di Kawasan IKN, Senin, 12 Agustus 2024, dikutip dari kanal News Liputan6.com.

Tak hanya itu, kata dia, penyediaan konsumsi untuk 8.000 tamu pun masih sangat sulit. Jokowi akhirnya memangkas jumlah tamu undangan HUT ke-79 RI di IKN menjadi hanya 1.300 orang.

"Dipotong lagi dari 8.000 menjadi 4.000, dihitung-hitung lagi di lapangan hotelnya ternyata enggak cukup juga. Akomodasi enggak cukup, untuk konsumsi juga masih sulit," ujar dia.

"Akhirnya dari 4.000 dipotong jadi 2.000. 2.000 pun masih tidak cukup akhirnya keputusan terakhir kemarin menjadi 1.300 tamu yang akan diundang ke Istana Negara untuk mengikuti upacara HUT kemerdekaan yang ke-79," sambung Jokowi.


Akan Undang Warga Kalimantan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian Taman Kusuma Bangsa, atau yang sebelumnya disebut Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian Taman Kusuma Bangsa, atau yang sebelumnya disebut Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). (dok: PUPR)

Jokowi menyampaikan sekitar 1.000 masyarakat sekitar IKN dan Kalimantan Timur yang juga akan diundang pada upacara HUT ke-79 RI. Hal ini dikarenakan masyarakat sekitar Kalimantan Timur tidak membutuhkan hotel dan akomodasi.

"Plus nanti kurang lebih ribuan masyarakat dari masyarakat sekitar di sini yang tidak memerlukan hotel dan akomodasi dan lain-lainnya," tutur dia.

Jokowi mengaku senang Nusantara Internasional Convention Center and Hotel akan segera dibangun di IKN. Fasilitas itu dapat menambah jumlah tamu undangan untuk HUT RI tahun berikutnya.

"Ini akan menambah fasilitas apabila nanti tahun depan upacaranya mengundang 8.000 undangan dan saat itu saya sudah menjadi salah satu undangan untuk hadir di sini. Tapi, hotelnya saya pastikan masih belum cukup kalau mengundang 8.000. Paling-paling naik menjadi 2.000," pungkas Jokowi.

Sebelumnya, ia mengakui anggaran untuk perayaan HUT ke-79 RI melonjak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan HUT RI tahun ini digelar di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan halaman Istana Merdeka Jakarta. Tapi, dia mengklaim lonjakan anggaran HUT ke-79 RI tidak terlalu tinggi. 

"Tapi kan bukan lompatan yang anu (tinggi). Saya kira anggaran biasa, wajar," ucapnya.

 

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya