Tim SAR Rusia: Cuaca Ekstrem Jadi Hambatan Kami Cari QZ8501

Hambatan utama yang dihadapi selama kurang lebih 2 minggu mencari keberadaan pesawat AirAsia QZ8501 adalah kondisi cuaca.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 11 Jan 2015, 20:13 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2015, 20:13 WIB
Cari AirAsia, Rusia Kerahkan Pesawat Canggih Bisa Mendarat di Air
Kini Rusia pun ikut dalam proses pencarian pada hari ketujuh, untuk mencari korban dan dan pesawat AirAsia QZ850.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi cuaca dan ombak tinggi menjadi hambatan tim SAR gabungan yang melakukan evakuasi korban dan serpihan pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Selat Karimata. Hal itu juga diakui oleh Tim SAR Centropas yang berasal dari Rusia.

Menurut Ketua Pakar Militer Kementerian Keadaan Darurat Rusia Edward Chizikov, hambatan utama yang dihadapinya selama kurang lebih 2 minggu mencari keberadaan pesawat AirAsia QZ8501 adalah kondisi cuaca.

"Jadi hambatan utama yang dihadapi mungkin semua penyelamat di pasukan internasional dan pasukan Indonesia, pertama itu cuaca," kata Edward dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (11/1/2015).

Ia menambahkan, gelombang laut baik di permukaan atau di dalam laut juga menjadi hambatan lainnya dalam melakukan pencarian pesawat berpenumpang 155 orang dan 7 awak itu.

"Sebab ada gelombang yang sangat besar. Dan untuk pilot yang mengendarai pesawat, mereka bekerja dalam keadaan yang agak sulit sebab tidak ada petunjuk ke mana harus pergi," tuturnya.

Meski demikian, ia bersyukur tim SAR gabungan baik dari Basarnas dan pihaknya dapat menyelesaikan tugas evakuasi sampai ekor pesawat nahas itu terangkat ke permukaan.

"Tetapi kami menyelesaikan semua masalah ini. Hasilnya bagian belakang pesawat dengan bantuan dari pasukan Rusia, dinaikkan ke kapal Crest Onyx dan dibawa ke darat," tambah dia. (Ado/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya