Deep and Extreme Indonesia ke-13 Tahun 2019 Telah Resmi Dibuka

Kemenpora dukung terselenggaranya Deep and Extreme Indonesia (DXI) ke-13 tahun 2019.

oleh Cahyu diperbarui 05 Apr 2019, 14:35 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2019, 14:35 WIB
Deep and Extreme Indonesia
Kemenpora dukung terselenggaranya Deep and Extreme Indonesia (DXI) ke-13 tahun 2019. (foto: dok. Kemenpar)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyambut baik penyelenggaraan Deep and Extreme Indonesia (DXI) ke-13 tahun 2019. Untuk itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal bersama Plt. Asdep Bidang Olahraga Prestasi Ahmad Arsani menghadiri pembukaan DXI ke-13 di Hall B Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Pemerintah mendukung penuh DXI karena kegiatan tersebut satu-satunya pameran penyelaman, kelautan, dan ekowisata di Indonesia. Di samping itu, DXI adalah pameran internasional untuk penyelaman, perjalanan petualangan, dan olahraga air yang telah berjalan sejak 2007, dan telah berkembang menjadi salah satu agenda acara kegiatan tahunan Pameran menyelam terbesar di Asia. Tema DXI ke-13 sendiri adalah Membangun Indonesia yang Bersih, Aman, dan Nyaman untuk Berwisata.

"Pak Menteri sangat mendukung kegiatan ini dan berharap cabang olahraga yang ada di dalam DXI, serta olahraga kelautan dan bahari dapat dikembangkan dengan baik," ujar Jonni, mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Ia mengatakan, menyelam merupakan salah satu cabang olahraga yang memerlukan keahlian dan keterampilan tertentu.

"Kita dukung kegiatan ini, apalagi dengan olahraga selam kita akan tahu kekayaan alam di bawah laut kita. Maka diharapkan agar para pelaku selalu memperhatikan persayaratan dan aturan yang telah ditetapkan, sehingga dapat menjamin keselamatan dan keamananan dalam berolahraga," ucap Jonni.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) DKI Jakarta, Ali Mocthar Ngabalin, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya acara tersebut.

"Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada teman-teman dari Kemenpora yang telah dan terus memberikan support, juga dari Kemenpar yang juga dukung DXI dan komunitas pecinta olahraga selam, baik yang di Jakarta maupun daerah lain. Presiden memberikan penekanan luar biasa karena DXI merupakan bagian dari konservasi laut. Lebih dari 3 persen dari anggaran Kemaritiman sengaja dialokasikan dalam rangka konservasi dan wisata bahari," kata dia.

Sebagai informasi, pada 2009, DXI menjadi pameran olahraga ekstrem, petualangan luar ruang, dan ekowisata pertama yang diselenggarakan bersama dengan DEEP Indonesia. Kombinasi dari dua pameran ini telah terbukti sebagai platform pemasaran yang efektif untuk distributor dan pengecer.

Turut hadir dalam pembukaan DXI ke-13, Presiden Direktur PT XNet Indonesia Darmawan Susanto, perwakilan Kemenpar, Ketua Umum WASI (Wanita Selam Indonesia) Ibu Tri Tito Karnavian, Sekjen PB POSSI Aditya Velianto, serta para bupati dan walikota.

 

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya