Antisipasi Virus Corona, Polda Metro Bekali Polantas dengan APD

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penyebaran wabah virus Covid-19 atau corona.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Mar 2020, 09:43 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2020, 09:43 WIB
Tekan Kejahatan Jalanan, Polres Tangsel Gelar Razia Lalu Lintas
Polisi memeriksa surat kendaraan saat razia di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/1/2020). Polres Tangerang Selatan menggelar razia untuk meningkatkan tertib berlalu lintas, disiplin kendaraan, dan mempersempit gerak pelaku kejahatan jalanan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penyebaran wabah virus Covid-19 atau corona. APD itu dibagikan untuk personel Polisi Lalu Lintas (Polantas) saat sedang bertugas.

"Ini lagi kita siapkan APD. Jadi, nanti untuk kasus-kasus tertentu yang memang belum jelas penyebabnya maka anggota sudah dilengkapi APD. Tidak hanya anggota lantas, terutama anggota Polsek, anggota Polres yang pertama datang ke TKP," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Meski begitu, ia tidak menyebutkan secara spesifik berapa jumlah APD yang dipesan untuk dibagikan ke anggotanya. Nantinya, APD itu dibagikan untuk petugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat agar tak tertular Corona.

Terlebih, untuk petugas yang menangani kecelakaan lalu lintas. Karena, APD ini sendiri tak dibagikan secara merata kepada suluruh anggota Polantas.

"Kalau APD secara keseluruhan, mungkin di piket Laka, ya di piket PJR, orang yang pertama kali. Mungkin (Unit) laka yang kita bagi, tidak keseluruhan tim. Kan tidak juga semua anggota pakai APD di jalan," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Masker dan Hand Sanitizer

Meski begitu, pihaknya sudah menyiapkan kelengkapan secara standar untuk anggota lalu lintas seperti menyediakan masker serta hand sanitizer, untuk menghindari penyebaran virus corona.

"Tapi kalau kelengkapan standar masker dan sarung tangan itu semua anggota dapat," tandasnya.

Nur Habibie

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya