Fokus Tangani Corona, RSUD Kota Tangerang Tak Lagi Terima Pasien Umum

Bila sudah fokus penanganan virus Corona atau Covid-19, RSUD Kota Tangerang setidaknya bisa menampung sampai 100 pasien.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 20 Apr 2020, 15:01 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2020, 15:00 WIB
2 RSUD di wilayah Tangerang mendapat bantuan ratusan baju hazmat dan kacamata pelindung.
2 RSUD di wilayah Tangerang mendapat bantuan ratusan baju hazmat dan kacamata pelindung.

Liputan6.com, Jakarta - RSUD Kota Tangerang per hari ini, tidak menerima pelayanan untuk pasien umum. Pasien dengan gejala tertular virus Corona atau Covid-19 saja yang akan dilayani oleh rumah sakit milik Pemkot Tangerang itu.

Penutupan sementara ini juga merujuk instruksi Wali Kota Tangerang Nomor 5 Tahun 2020, tentang penunjukkan RSUD Kota Tangerang, sebagai rumah sakit yang menangani Covid19 di wilayah Kota Tangerang.

"Upaya ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan wabah Covid 19 serta mengantisipasi agar tidak terjadi penularan kepada pasien rawat inap biasa atau rawat jalan yang berobat ke RSUD Kota Tangerang," ungkap Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr Henny Herlina, Senin (20/4/2020).

Henny pun menuturkan, untuk sementara waktu masyarakat bisa menggunakan pelayanan Puskesmas atau ke rumah sakit swasta yang juga menerima rujukan pasien BPJS. Pasalnya, dengan adanya Pandemi Covid-19, dikhawatirkan akan menyebar ke pasien lain atau pengunjung.

Dia juga berharap, dengan keputusan ini, penanganan Covid-19 di RSUD Kota Tangerang bisa lebih optimal. Seluruh tenaga medis pun dapat bekerja tanpa rasa khawatir terjadinya penularan virus ke pasien rawat biasa atau keluarga pasien yang datang ke RSUD Kota Tangerang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Bagaimana Pasien yang Sedang Dirawat?

Cegah Penyebaran Covid-19, PSBB Tangerang Selatan Resmi Berlaku hingga 1 Mei 2020
Petugas memeriksa identitas pengendara bermotor pada hari pertama PSBB di jalur check point Jalan Ir. H Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). PSBB resmi diberlakukan di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan hingga 1 Mei 2020. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sementara itu, Humas RSUD Tintin Supriatin menjelaskan untuk pasien yang berobat atau dirawat di RSUD akan diarahkan ke fasilitas kesehatan (Faskes) lain yang bekerjasama dengan BPJS.

"Untuk pasien yang sedang menjalani rawat inap di RSUD Kota Tangerang, akan ditunggu hingga benar-benar sembuh dan dinyatakan boleh pulang oleh dokter," ujarnya.

Sementara, untuk pasien baru yang dirawat di RSUD Kota Tangerang disarankan untuk sementara dirawat di rumah sakit lain. "Karena dua minggu ke depan yang diterima di RSUD Kota Tangerang adalah pasien khusus Corona," ujar dia.

Bila sudah fokus penanganan Covid-19, RSUD Kota Tangerang setidaknya bisa menampung sampai 100 pasien. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya