Lolos Tahap I Seleksi Komisioner OJK, Eks Pegawai KPK: Diizinkan Mewakili Polri

Mantan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono yang kini telah menjadi ASN Polri berhasil lolos dalam seleksi tahap I Dewan Komisioner OJK.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 31 Jan 2022, 14:27 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2022, 14:27 WIB
Pansel Cecar Capim KPK Termuda Ini Soal Ego Sektoral
Capim KPK Giri Suprapdiono. (Faizal Fanani/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono yang kini telah menjadi ASN Polri berhasil lolos dalam seleksi tahap I Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dia pun menyatakan telah mengantongi izin dari kepolisian.

"Mewakili dan diizinkan Polri dalam mengikuti proses ini sangatlah membanggakan kami," tutur Giri Suprapdiono saat dikonfirmasi, Senin (31/1/2022).

Giri menyampaikan, OJK merupakan lembaga yang mempunyai otoritas besar dalam menjaga stabilitas dan pemulihan ekonomi nasional. Sebab itu, dia ingin terlibat lebih jauh di sektor keuangan dengan semangat pemberantasan korupsi.

"Ini masih tahap awal, masih panjang proses ke depan," kata mantan pegawai KPK itu.

Selain Giri, mantan Kasatgas Penyelidik KPK Iguh Sipurba juga lolos dalam seleksi tahap I Dewan Komisioner OJK. Dia juga merupakan ASN Polri dan menerima izin untuk turut serta mengikuti proses penerimaan tersebut.


155 Orang Lolos Seleksi Tahap I

Penyelidik KPK Jadi Saksi Sidang Lanjutan Praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan
Tim kuasa hukum Komisi Pemberantasan Korupsi menghadirkan penyelidik aktif di KPK, Iguh Sipurba dalam sidang praperadilan antara Komjen Pol Budi Gunawan melawan KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/2/2015). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, sebanyak 155 nama lolos dalam seleksi tahap I Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dua di antaranya merupakan mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak diloloskan dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) oleh lembaga antirasuah itu, saat proses peralihan pegawai menjadi ASN.

Berdasarkan dokumen yang diterima Liputan6.com, Senin (31/1/2022), dua nama mantan pegawai KPK itu adalah eks Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Giri Suprapriono dan eks Kasatgas Penyelidik KPK Iguh Sipurba.

"Seluruh Calon Anggota DK OJK yang lulus Seleksi Tahap I (Seleksi Administratif) akan mengikuti Seleksi Tahap II (Penilaian Masukan dari Masyarakat, Rekam Jejak, danMakalah)," tulis dokumen tersebut.

Adapun nama lain yang terpantau dalam dokumen tersebut ada Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, hingga eks Kepala PPATK Dian Ediana Rae.

Seleksi tahap II Dewan Komisioner OJK inu meliputi penilaian masukan dari masyarakat, rekam jejak, dan karya makalah. Masyarakat pun diminta berpartisipasi untuk memberikan masukan atau informasi mengenai integritas, rekam jejak, dan perilaku Calon Anggota DK OJK yang lulus seleksi tahap I.

Publik dapat menyampaikan masukan dan informasi kepada Panitia Seleksi melalui email seleksi-dkojk@kemenkeu.go.id atau melalui surat yang dikirimkan kepada Panitia Seleksi dengan alamat Gedung Djuanda I lantai G, Jalan Dr Wahidin Raya No 1 Jakarta Pusat 10710, mulai 31 Januari 2022 dan diterima paling lambat tanggal 16 Februari 2022 pukul 23.59 WIB. Bukti atau dokumen pendukung dapat dipindai dan dilampirkan pada email atau dilampirkan pada surat.

"Panitia Seleksi menjamin kerahasiaan identitas masyarakat serta masukan dan/atau informasi yang diberikan. Panitia Seleksi tidak melakukan korespondensi atas masukan dan/atau informasi yang diterima," tulis dokumen tersebut.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya