Jokowi Lantik Anggota BPIP 2022-2027, Ini Susunan Pengurusnya

Jokowi melantik Yudian Wahyudi sebagai Kepala BPIP 2022-2027. Sementara Megawati Soekarnoputri kembali dilantik menjadi Ketua Dewan Pengarah BPIP.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 07 Jun 2022, 16:26 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2022, 16:24 WIB
Presiden Jokowi melantik pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). (Foto: tangkapan layar kanal Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi melantik pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). (Foto: tangkapan layar kanal Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). 

Yudian Wahyudi dilantik Jokowi sebagai Kepala BPIP 2022-2027. Sementara Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri kembali dilantik menjadi Ketua Dewan Pengarah BPIP.

Upacara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian pembacaan Keputusan Presiden tentang Pengangkatan Kepala BPIP dan Dewan Pengarah BPIP 2022-2027. Selanjutnya Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan.   

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam menjakankan tugas dan kehidupan sehari-hari. Bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti para anggota BPIP di Istana Negara Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Dalam ikrar tersebut, Jokowi juga mengatakan bahwa para anggota BPIP harus menjunjung tinggi etika jabatan, serta bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. 

“Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela sehingga saya menjadi teladan insan pancasilais,” ujar Jokowi yang diikuti mereka yang dilantik.

Sebagai informasi, mereka yang dilantik hari ini akan menjabat selama lima tahun ke depan. Hal itu sesuai dengan aturan payung hukum Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018. Terkait susunan organisasi yang dilantik, adalah Dewan Pengarah BPIP, Kepala BPIP dan Wakil Kepala BPIP. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Susunan Anggota BPIP

Jokowi Lantik Ketua BPIP dan Kepala BPKP Baru
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi (kiri) menerima ucapan selamat dari Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri seusai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/2/2020). Presiden Joko Widodo resmi melantik Yudian sebagai Kepala BPIP. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berikut susunan anggota BPIP yang dilantik Jokowi hari ini:

- Kepala BPIP Yudian Wahyudi 

- Wakil Kepala BPIP Karjono 

 

Dewan Pengarah BPIP:

- Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri 

- Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Try Sutrisno 

- Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tenaya 

 

Anggota Dewan Pengarah BPIP: 

- Said Aqil Siroj 

- M Amin Abdullah 

- Andreas Anangguru Yewangoe 

- Sudhamek 

- Rikard Bagun

   

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya