Saksi Ahli Sebut Bripka RR Termasuk Orang yang Pegang Prinsip dalam Hidup

Reni Kusuma Wardhani mengatakan terdakwa Ricky Rizal Wibowo alias Bripka RR termasuk orang yang memegang satu prinsip dalam hidupnya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 21 Des 2022, 16:40 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 16:40 WIB
Bersamaan, Bharada Eliezer, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal Jalani Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J
Terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf menjalani sidang lanjutan pemeriksaan saksi kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (7/11/2022). Tiga terdakwa yaitu, Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dihadirkan bersama dalam persidangan hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ahli Forensik Psikologi dari Asosiasi Psikologi Forensik (APFISOR), Reni Kusuma Wardhani mengatakan terdakwa Ricky Rizal Wibowo alias Bripka RR termasuk orang yang memegang satu prinsip dalam hidupnya.

Hal itu disampaikan saat memberikan kesaksian pada sidang lanjutan di PN Jaksel, Rabu (21/12/2022). Reni membacaķan hasil asesmen psikologis yang dilakukan oleh Himpunan Psikolog Indonesia.

"Jadi daya ingatnya juga baik dan atas dasar itu ia memiliki kemampuan merespon secara tepat terhadap tekanan dan lingkungan. Emosinya stabil dan memahami dan memiliki satu prinsip," kata Reni.

Reni menerangkan, Ricky Rizal Wibowo memiliki tingkat kecerdasan baik dan secara umum taraf kecerdasan tergolong di atas rata-rata dibanding individu kelompok usianya.

Reni mengungkapkan, Ricky Rizal Wibowo tampak mampu mengaktualisasikan potensi intelektual yang dimiliki untuk merespon terhadap lingkungannya secara adaptif.

"Kapasitas dan fungsi memorinya juga baik, kemampuannya tergolong baik di dalam menangkap informasi, menyimpan, dan mengolah, serta mengungkapkannya kembali," ujar dia.

Sementara itu, Sugestibilitas rendah. Namun kepatuhan terhadap otiritas terbilang tinggi.

"Sugestibilitas-nya rendah. untuk kepatuhannya rata-rata sampai tinggi," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kepribadian Bharada E: Tergolong Patuh pada Atasan

Bersamaan, Bharada Eliezer, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal Jalani Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J
Terdakwa Richard Eliezer menjalani sidang lanjutan pemeriksaan saksi kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (7/11/2022). Tiga terdakwa yaitu, Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dihadirkan bersama dalam persidangan hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Di sisi lain, Reni mengungkap bahwa Richard Eliezer Pudihang Lumui tergolong orang yang patuh terhadap perintah atasan.

Argumentasimya itu dikemukakan usai Himpunan Psikolog Indonesia melakukan asesmen psikologis.

"Tingkat kepatuhan Richard Eliezer tinggi terhadap figur otoritas," kata dia di PN Jaksel.

Jaksa kemudian menyinggung hasil asemen Richard Eliezer yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Ada satu hal yang perlu didalami terkait perilaku destruktif opinion.

"Saya spesifik keterangan Richard di sini ibu menjelaskan ada tindakan yang dalam destruktif opinion bisa jelaskan," tanya Jaksa.

Reni mengatakan, Richard tidak mampu bersikap asertif ketika menerima perintah dari seseorang yang lebih tinggi pangkat dan jabatan. Meskipun, perintah bersifat merusak.

"Destruktif opinion yang ada pada diri Richard. Pada saat ada satu perintah di situ ada satu ada perbedaan status yang dimiliki oleh bapak Richard antara bapak Richard dengan bapak Sambo dengan pangkat yang terendah dengan latar belakang kepribadian yang menurut hasil pemeriksaan ini memang masih memiliki emosi yang kurang stabil," ujar dia.

Di situ mengakibatkan dirinya memiliki suatu kepatuhan dan ketidakberanian untuk asertif atau melakukan penolakan meskipun sebetulnya perintahnya adalah sesuatu untuk merusak," lanjutnya.

Infografis Ragam Tanggapan Pengakuan Baru Bharada E di Kasus Kematian Brigadir J. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Pengakuan Baru Bharada E di Kasus Kematian Brigadir J. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya