Pertanyakan Soal Tuntutan Sambo Tak Beberkan Perselingkuhan Putri, Pengacara: Agak Janggal

Penasihat Hukum Ferdy Sambo Rasamala Aritonang mempertanyakan alasan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tak membeberkan motif pada persidangan kliennya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 17 Jan 2023, 18:45 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 18:45 WIB
SIDANG LANJUTAN FERDY SAMBO DAN PUTRI CHANDRAWATHI
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo berdiskusi dengan kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (22/11/2022). Sebanyak 9 orang saksi dihadirkan dalam sidang pemeriksaan saksi terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Isu Perselingkuhan antara dengan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J Putri Candrawathi mencuat.

Isu itu pertama kali dihembuskan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) saat membeberkan fakta hukum dalam surat tuntutan terdakwa Kuat Ma’ruf.

Penasihat Hukum Ferdy Sambo Rasamala Aritonang mempertanyakan alasan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tak membeberkan motif perselingkuhan pada persidangan kliennya.

"Justru itu, saya pikir itu juga satu hal yang agak janggal bagi kami, karena persidangan lalu disampaikan soal motif. Tetapi hari ini, tiba-tiba motif tidak disampaikan. Apakah artinya dalam surat dakwaan yang tebal itu tidak dibacakan, karena menghindari persepsi publik atau gimana," kata Rasamala di PN Jaksel, Selasa (17/1/2023).

Diketahui, Ferdy Sambo menjalani sidang tuntutan atas kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Sidang digelar di PN Jaksel hari ini, Selasa (17/1/2023). Rasmala sangat mengharapkan persidangan berjalan secara terbuka, objektif dan sesuai dengan fakta persidangan.

"Dan apa yang disampaikan kemarin dan sidang lalu soal perselingkuhan itu, fakta dan bukti yang disajikan di persidangan tidak ada bicara soal perselingkuhan. Bicaranya soal kemungkinan terjadinya kekerasan seksual di tanggal 7 tersebut. Tetapi tiba-tiba jaksa menarik kesimpulan soal perselingkuhan tersebut," ujar Rasmala.

Rasamala menerangkan, tudingan perselingkuhan dinilai cukup serius. Hal ini terkait validitas atau akurasi soal surat tuntutan tersebut. Namun, Rasamala enggan membahas lebih jauh.

"Nanti tanggapan lebih lengkap kami ajukan dalam pledoi kami ya," ucap dia.


Tak Sajikan Lengkap Perihal Motif

Ferdy Sambo Tertunduk Dituntut Penjara Seumur Hidup di Kasus Pembunuhan Brigadir J
Terdakwa Ferdy Sambo usai menjalani sidang lanjutan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (17/1/2023). Sambo juga merusak barang bukti elektronik terkait pembunuhan Yosua. (Liputan6.com/JohanTallo)

Rasamala menilai, Jaksa Penuntut Umum tidak menyajikan secara lengkap surat tuntutan Ferdy Sambo terutama perihal motif tersebut. Padahal, itu menjadi bagian penting.

"Nah motif itu harus diungkap. Saya kita itu nanti akan kita ungkapkan secara utuh pada pembelaan kami nanti. Tentu nanti, setelah pembelaan kan masih ada yang berwenang untuk tentukan dan melakukan penilaian final so perkara ini adalah majelis hakim," ujar Rasamala.

Rasamala menaruh harapan besar kepada majelis hakim untuk memutus perkara secara adil.

"Kami berharap nanti majelis juga bisa mempertimbangkan dari kedua sisi, dan tentu bisa memberikan penilaian secara faktual sesuai dengan fakta dan bukti di persidangan. Dan terbuka pada semua fakta, bukan hanya pada satu keterangan saksi saja," ujar dia.

Infografis Harapan Keluarga Brigadir J Jelang Sidang Tuntutan Terdakwa Ferdy Sambo Cs. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Harapan Keluarga Brigadir J Jelang Sidang Tuntutan Terdakwa Ferdy Sambo Cs. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya