Kapolri Terima Kunjungan Kehormatan Panglima TNI, Bahas Sinergitas hingga Pemilu 2024

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan kehormatan atau Courtessy Call Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa (5/12/2023).

oleh Tim News diperbarui 05 Des 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 05 Des 2023, 17:00 WIB
DPR RI menyetujui Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Yudo Margono dalam Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024.
DPR RI menyetujui Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Yudo Margono dalam Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024.(Merdeka.com/ Alma Fikhasari)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan kehormatan atau Courtessy Call Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa (5/12/2023). 

"Hari ini kami mendapatkan kunjungan resmi dari Bapak Panglima TNI dan tentunya ini menjadi kegiatan dalam rangka kami untuk terus memperkuat sinergitas antara TNI dan Polri," kata Sigit kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

Dalam kegiatan itu, keduanya jenderal bintang empat tersebut turut membahas terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini turut dibahas agar pesta demokrasi nanti berjalan dengan lancar, aman dan damai.

"Sehingga, tentunya beberapa hal nanti kita bicarakan karena tentunya ditengah isu masalah ketidaknetralan. Namun, di sisi lain tentunya Polri bersama TNI harus turun di lapangan. Karena kita ingin memastikan bahwa yang namanya kegiatan tahapan Pemilu distribusinya," ujarnya.

"Kemudian pelaksanaan kampanyenya sampai dengan kegiatan di TPS nanti, pengawalan rekap menghadapi sengketa-sengketa yang ada semuanya bisa berjalan dengan aman dan damai di tengah perbedaan pendapat di tengah perbedaan pilihan dan itu bagian dari demokrasi dan tugas kita mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik," sambungnya.

Tak hanya itu, keduanya juga membahas terkait dengan situasi di Indonesia yang saat ini sudah memasuki musim dan rawan bencana.

"Kita juga diskusi untuk bagaimana kita bisa bergerak cepat wilayah wilayah-wilayah yang terdampak bencana, TNI-Polri hadir sebagai representasi negara dan itu juga tadi kita diskusikan," sebutnya.

"Dan kemudian tugas-tugas dengan masalah menghadapi situasi di Papua yang tentunya menjadi PR kami bersama dan juga tentunya tugas-tugas lain yang terus harus kita jaga selain tugas pokok tentunya mengawal berbagai macam program kegiatan," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harap Sinergitas Berjalan Baik

50 Ribu Pasukan Gabungan Ikuti Apel Kesiapan Natal dan Tahun Baru
Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lebih lanjut, Sigit berharap dengan adanya pertemuan tersebut, diharapkan sinergitas antara TNI-Polri terus berjalan dengan baik. Terutama dalam atau segi pendidikan.

"Kita di dalam latihan-latihan kita, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik mungkin itu secara umum hal- hal yang tadi kita bicarakan," ucapnya.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjelaskan, kunjungan ini dilakukan dalam rangka dirinya yang baru menjabat sebagai Panglima TNI.

"Pertama adalah krn saya pejabat baru Panglima TNI jadi, ada waktu untuk bersilahturahmi ke beberapa instansi. Kebetulan hari ini sedang ada di tempat. Saya bersilahturahmi ada beberapa hal yang dibahas," ujar Agus.

 


Sinergitas TNI-Polri dalam Hadapi Pemilu 2024

Adapun beberapa hal yang dibahas yakni terkait sinergitas TNI-Polri dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Jadi kita sudah membuat deklarasi Pemilu damai di setiap wilayah di seluruh Indonesia. Kemudian tadi juga dibahas adanya nanti patroli bersama babinsa dan babinkamtibmas sampai ke level Kapolres, Polda," katanya.

"Kita bersama-sama sigergitas tujuannya agar Pemilu 2024 berjalan lancar aman sesuai waktu yang ditentukan," pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya