Jokowi Bangun Instalasi Gas di Rusun Marunda November

Gubernur Jokowi segera membuat instalasi gas di rumah susun (Rusun) Marunda, Jakarta Utara.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 01 Okt 2013, 14:42 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2013, 14:42 WIB
penghuni-rusun-marunda-130402b.jpg

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo segera membuat instalasi gas di rumah susun (Rusun) Marunda, Jakarta Utara, November 2013 mendatang. Fasilitas itu nantinya digunakan sebagai bahan bakar gas untuk keperluan rumah tangga.

"Pak Gubernur mau mencanangkan. November mau dibikin. Minta kepada perumahan siapkan rusun Marunda siapkan infrastruktur gas," ujar Kepala Dinas Energi dan Perindustrian Andi Baso di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Dia menjelaskan, instalasi tersebut bakal dikerjakan Dinas Perumahan DKI. Jadinya rusun akan dilengkapi instalasi gasnya. Bagi kawasan rusun yang belum dilengkapi pipa gas, maka pihaknya akan menyiapkan doter atau semacam kilang gas kecil.

Sementara Menteri ESDM hanya menyediakan pipa, mother gas atau Mobile Refueling Unit (MRU) keliling yang akan mengisi kilang tersebut. Gas yang tertampung di kilang kemudian dikompres ke tiap unit rusun dan mengirim kendaraan pengisi bahan bakar gas atau mobile refueling unit (MRU).

"Pusat hanya menyiapkan gas, pipa atau MRU yang datang ke situ," ujar Baso.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Yonathan Pasodung mengatakan, pemilihan rusun Marunda untuk dibangun instalasi gas karena rusun tersebut memiliki jumlah unit terbanyak, yaitu sekitar 2.500 unit.

"Pertama di Marunda dulu. Tapi kita persiapkan instalasi di dapur-dapur dulu. Sesudah Marunda berhasil ke semua rusun," ucap Yonathan. (Riz/Mut)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya