7 Tips Untuk Menghindari Sakit Kepala

Penderita sakit kepala? Apakah itu cukup sering terjadi terhadap Anda? Simak tips berikut ini!

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jan 2020, 12:06 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2020, 12:06 WIB
Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering menderita sakit kepala? Alasannya mungkin stres atau jam kerja yang panjang. Penting untuk mencegah sakit kepala karena dapat menyebabkan serangan migrain.

Nah, tercantum beberapa tips untuk menghindari sakit kepala. Baca ulasan dari Mag For Women di bawah ini untuk tahu lebih banyak tentang ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


7 Tips Menghindari Sakit Kepala

1. Beristirahat sejenak

Jika sakit kepala Anda terkait pekerjaan, maka penting untuk beristirahat sejenak di antaranya. Seperti, tutup mata Anda dan istirahatlah sekitar lima menit atau lebih.

Anda dapat melakukannya dengan duduk di kursi Anda juga. Dengarkan saja lagu favorit Anda dan rileks. Istirahat pendek memang membantu mengendalikan stres terkait pekerjaan, yang pada gilirannya mencegah sakit kepala.

2. Makan Makanan Ringan

Nikmati makanan kecil sepanjang hari. Sering kali, sakit kepala dapat disebabkan oleh gula darah rendah atau tekanan darah rendah. Jadi, penting untuk makan makanan kecil sepanjang hari.

Makan dalam porsi kecil akan membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Memiliki makanan dan makanan yang kaya akan protein dan magnesium agar tetap aktif dan bugar. Makan juga dapat mencegah perasaan kabur yang Anda miliki saat bekerja.

 

Titik-titik Pijat untuk Atasi Sakit Kepala
Titik-titik Pijat untuk Atasi Sakit Kepala

3. Pijat Kepala

Pijatan sangat bagus untuk mencegah dan menyembuhkan sakit kepala Anda. Pijat kepala selama lima belas menit dapat melemaskan otot-otot Anda. Anda dapat menggunakan minyak esensial untuk pijat kepala Anda juga.

Pijat pada titik-titik ketegangan untuk meredakan stres. Pijat di area kuil di kepala Anda. Cegah stres dengan pijatan harian karena akan membantu meringankan sakit kepala Anda sampai batas tertentu.

4. Memiliki cukup cairan

Dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Jika Anda tidak minum cukup air sepanjang hari, itu akan menyebabkan masalah dehidrasi. Dan itu pada gilirannya dapat menyebabkan sakit kepala.

Jadi, miliki setidaknya dua liter air sepanjang hari. Terus menghirup jus segar agar tetap terhidrasi. Anda juga memiliki pilihan teh hijau. Tingkatkan asupan cairan Anda dalam diet untuk mencegah sakit kepala.

Kerja Depan Laptop
Ilustrasi Depan Laptop

5. Istirahat dari Laptop

Ketegangan mata dan menatap layar untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sakit kepala yang umum. Istirahat laptop atau istirahat layar. Saat bekerja pada sistem Anda, cukup lihat arah lain setelah setiap lima hingga sepuluh menit.

Melihat monitor Anda dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kekakuan otot di daerah leher, yang lagi-lagi menyebabkan sakit kepala. Jadi, istirahat sejenak untuk menghindari ini.

Ilustrasi jalan kaki olahraga
Ilustrasi jalan kaki olahraga (iStock)

6. Berolahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu mencegah sakit kepala. Olahraga teratur membuat tubuh Anda fleksibel. Jadi, Anda tidak menderita masalah kekakuan otot atau nyeri otot yang dapat menyebabkan sakit kepala biasa.

Berolahraga selama sekitar satu jam benar-benar dapat membantu Anda mengatasi sakit kepala. Olahraga juga meningkatkan pasokan oksigen ke otak Anda, yang mencegah sakit kepala.

7. Kurangi Rokok dan Alkohol

Merokok dan minum menyebabkan sakit kepala, jadi, baik untuk mengurangi keduanya. Merokok berlebihan menyebabkan dehidrasi dalam tubuh yang menyebabkan sakit kepala. Minum juga menyebabkan masalah tekanan darah dalam tubuh.

Hindari minum dan merokok untuk mencegah masalah sakit kepala biasa. Batasi merokok dan minum Anda jika Anda tidak dapat sepenuhnya mengurangi kesehatan Anda.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya