VW Ciptakan Golf Spesial Garapan Desainer Magang

Pengerjaan dari VW Golf GTI Wolfsburg Edition sangat mendetail mengingat pengalaman para desainer tersebut yang minim.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 03 Jun 2014, 11:38 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2014, 11:38 WIB
Ulang Tahun, VW Ciptakan Golf Spesial Garapan Desainer Magang
Pengerjaan dari VW Golf GTI Wolfsburg Edition sangat mendetail mengingat pengalaman para desainer tersebut yang minim.

Liputan6.com, Wolfsburg - Ajang Worthersee ke-33 yang diadakan di Austria merupakan tempat pembuktian bagi Volkswagen (VW) untuk memamerkan konsep modifikasi yang mereka lakukan pada mobil-mobil produksi mereka. Tak hanya yang bersifat modifikasi umum, VW juga membuat konsep modifikasi untuk memperingati hari ulang tahun dari salah satu model andalannya yaitu VW Golf.

Tahun ini, VW Golf telah berusia 40 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1974. Untuk merayakan hari jadi dari hatchback andalan mereka, VW membuat edisi khusus ulang tahun dari VW Golf yang diberi nama Volkswagen Golf GTI Wolfsburg Edition.

Yang unik dari proses menggarap Volkswagen Golf GTI Wolfsburg Edition ini adalah personil yang mengembangkan hatchback tersebut masih berusia sangat muda, yaitu antara 18 tahun hingga 24 tahun. Mereka adalah desainer magang dari VW dan Sitech Sitztechnik yang beranggotakan empat orang wanita dan delapan orang pria.

Desainer pemula ini ditantang untuk menggarap sebuah konsep modifikasi dari VW Golf GTI. Mereka menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk perencanaan, pengujian, serta menerapkan seluruh ide yang mereka peroleh ketika menimba ilmu di bawah arahan instruktur dan project manager dari VW, Holger Schülke.

Para pemuda ini tidak terlalu banyak merubah sisi eksterior dari Golf GTI yang telah memiliki tampilan yang sporty. Mereka hanya memoles hatchback sporty ini dengan cat berwarna Absolute Red yang dikombinasikan dengan garis tegas berwarna Black Magico Pearl. Proses pewarnaan VW tersebut tidak menggunakan robot namun dicat secara manual oleh para desainer magang tersebut hingga ke bagian yang paling detil.

VW Golf edisi spesial ini juga mendapat penambahan spoiler belakang serta kisi-kisi pada airscoops yang terletak di sisi kiri dan kanan bumper depan.

Beralih ke sisi interior, hatchback ini mendapatkan sentuhan yang bernuansa anak muda dengan kombinasi warna merah hitam pada kursi bucket dari Recaro.

Untuk semakin memanjakan pengguna dari VW Golf ini, para desainer magang menyematkan sejumlah gadget terkini seperti konsol depan untuk iPhone, sistem audio yang menggelegar dengan 11 speaker, bahkan seperangkat Playstation lengkap dengan TV LED berukuran 24 inci pada bagasi mobil.

Tak hanya jago meracik interior VW Golf ini dengan berbagai fitur hiburan terkini, para desainer magang ini juga piawai meracik ulang setelan mesin VW Golf menjadi lebih buas. Mesin berkapasitas 2,0 liter milik VW Golf disetel ulang hingga menghasilkan tenaga sebesar 375 horse power (HP) dari awalnya yang hanya sebesar 210 HP.

Sayangnya, pihak VW tidak mengumumkan harga dari Golf GTI Wolfsburg Edition ini. Menurut kabar, VW Golf ini akan bernilai seharga US$ 40 ribu atau sekitar Rp 470,3 juta (estimasi kurs Rp 11.757 per dolar AS) bila benar-benar dipasarkan. (Ysp/Gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya