Jokowi Kejar Janji Investasi Toyota, Berapa Besar?

Ekspor kendaraan Toyota dari Indonesia mencapai lebih dari satu juta unit selama 30 tahun.

oleh Arief Aszhari diperbarui 05 Sep 2018, 10:36 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2018, 10:36 WIB
Ekspor Toyota
Selama 30 tahun berproduksi di Indonesia, Toyota telah mengekspor lebih dari 1 juta unit kendaraan. (Arief Aszhari/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota memperkuat komitmennya di industri roda empat Tanah Air. Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian ekspor kendaraan yang diproduksi di Indonesia. Selama 30 tahun kegiatan ekspor Toyota di Indonesia sudah mencapai lebih dari satu juta unit.

Pencapaian ekspor ini juga sebagai bukti investasi yang dilakukan pabrikan asal Negeri Matahari Terbit ini, yang disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, saat kunjungannya ke Jepang pada 2015 silam.

"Beliau menyampaikan (Presiden TMC, Akio Toyoda) akan meningkatkan investasi. Saya bertanya, berapa? Dilihat saja," ungkap pria yang akrab disapa Jokowi ini saat menghadiri seremoni ekspor 1 juta unit Toyota, di Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018).

Lanjutnya, ia sudah menerima laporan dari Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono, jika selama 2,5 tahun Toyota sudah berinvestasi sebesar Rp 22,7 juta triliun.

"Jumlah yang besar, sehingga satu tahun atau tahun ini bisa merealisasikan 217 ribu kendaraan ekspor. Saya menggarisbawahi, untuk dua hal yang penting memperbaiki kondisi ekonomi di Indonesia, adalah investasi dan ekspor, dan Toyota mencapai dua hal tersebut," tegas orang nomor satu di republik ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Jokowi Kejar Investasi Toyota

Sementara itu, Jokowi juga ingin terus mengejar investasi Toyota. Semua karena melihat hasil yang cukup positif saat ini.

"Saya akan kejar lagi, dan saya akan ke Jepang lagi. Pertama untuk mengucapkan terima kasih, dan kedua saya ingin tambah lagi (investasi Toyota). Kita tidak mau kalah dengan yang namanya Thailand, tidak mau," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya