BYD Siap Luncurkan MPV Listrik Premium Denza D9 di Indonesia, Harganya Mengejutkan

BYD kini tengah menyiapkan peluncuran MPV Premium Listrik Denza D9 sebagai penantang Toyota Alphard di Tanah Air.

oleh Raden Trimutia Hatta diperbarui 17 Okt 2024, 16:07 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 15:01 WIB
BYD Pamerkan Denza D9 di IIMS 2024, Siap Tantang Toyota Alphard (ist)
BYD Pamerkan Denza D9 di IIMS 2024, Siap Tantang Toyota Alphard (ist)

Liputan6.com, Jakarta BYD telah memperkenalkan mobil listrik premiumnya, Denza D9 dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Februari 2024. BYD kini tengah menyiapkan peluncuran MPV ramah lingkungan asal Cina ini sebagai penantang Toyota Alphard di Tanah Air.

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao menyatakan peluncuran Denza D9 di Indonesia akan mengejutkan pasar otomotif di segmen MPV premium.

"Kami akan mengejutkan segmen MPV premium dengan kendaraan listrik yakni Denza D9. Ini merupakan komitmen kami untuk industri kendaraan listrik di Indonesia," kata Eagle saat berbincang di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Salah satu yang mengejutkan, ungkap Eagle, adalah harga Denza D9 yang akan kompetitif dibandingkan pabrikan lain. "Peluncuran dalam waktu dekat. Kami sedang berhitung untuk menentukan harga jualnya, tapi yang pasti akan kompetitif," ujar Eagle.

Denza sebelumnya merupakan perusahaan patungan antara BYD dan Mercedez Benz (Daimler AG). Namun, saat ini BYD telah mengambil alih kepemilikan saham Denza 100 persen, karena Mercedez Benz keluar dari bagian kemitraan.

Shenzhen Denza New Energy Automobile Co., Ltd, didirikan sejak 2011 silam, sebagai kemitraan antara BYD dan Mercedes-Benz. Masing-masing perusahaan memegang 50 persen saham, dan modal terdaftarnya adalah sekitar Rp 15 triliun. 

Mobil Denza sempat dipamerkan pada ajang Auto Show 2012 di Beijing. Mobil itu dibuat dengan perpaduan platform Mercedes B-Class dan mesin BYD e6.

 

BYD Denza D9 EV Mampu Menempuh Jarak 600 Km

BYD Denza D9 laris manis di pasar otomotif Cina (CarnewsChina)
BYD Denza D9 laris manis di pasar otomotif Cina (CarnewsChina)

BYD Denza D9 memiliki desain yang mewah dan gagah, dan memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2+3 yang sangat luas.

Seperti halnya ketiga produk yang sudah diluncurkan di Indonesia, BYD Denza juga dibangun dengan e-platform andalan BYD yang terdiri dari susunan blade battery.

Teknologi E-Platform yang lebih aman dan efisien dalam pengisian daya ini mampu membawa BYD Denza D9 EV untuk menempuh jarak 600 km dalam sekali pengisian daya full.

Sementara itu, jika mengintip spesifikasi yang ditawarkan untuk Denza D9 di Negeri Tirai Bambu, mobil listrik ini datang dengan pilihan mesin yang lebih hijau lantaran pabrikan menghadirkan versi hybrid dan full electric.

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya