PKB: Koalisi Besar Umumkan Koalisi Resmi dan Nama Capres Bulan Depan

Koalisi besar yang digagas Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan segera melakukan deklarasi koalisi dan paslon di Pilpres 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 10 Mei 2023, 20:36 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 20:31 WIB
Sejumlah petinggi Partai Golkar dan PKB kembali menggelar pertemuan untuk membahas pembentukan koalisi besar, pada Selasa (10/5/2023).
Sejumlah petinggi Partai Golkar dan PKB kembali menggelar pertemuan untuk membahas pembentukan koalisi besar, pada Selasa (10/5/2023). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi besar yang digagas Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan segera melakukan deklarasi koalisi dan paslon di Pilpres 2024. Ketua DPP PKB Faisol Riza menyebut bulan depan akan ada pengumuman resmi.

"Ya insyaallah 1, 2 bulan lagi akan ada keputusan. Satu bulan lah. Semua kita serahkan kepada pimpinan pimpinan partai kami semuanya. Jadi itu domain mereka," kata Faisol Riza di kawasan Senayan, Rabu (10/5/2023).

Apalagi, kata Faisol, akan ada partai pendukung Ganjar Pranowo yang akan segera bergabung ke mereka. Namun ia tidak menyebut apakah partai itu PDIP atau PPP.

"Partai yang kabarnya dari awal mendukung Pak Ganjar juga akan berbalik untuk bergabung di koalisi ini," kata Faisol.

Selain itu, partai non parlemen juga diklaim akan segera merapat ke calon koalisi besar. "Koalisi besar yang bersama partai gerindra dan partai parlemen maupun non parlemen yang lain," kata Faisol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKB Tegaskan Usung Prabowo Subianto sebagai Capres di Pilpres 2024

Sejumlah petinggi Partai Golkar dan PKB kembali menggelar pertemuan untuk membahas pembentukan koalisi besar, pada Selasa (10/5/2023).
Sejumlah petinggi Partai Golkar dan PKB kembali menggelar pertemuan untuk membahas pembentukan koalisi besar, pada Selasa (10/5/2023). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan telah mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dari koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) sejak penandatanganan piagam koalisi antara Gerindra dan PKB di Sentul, pada Agustus 2022 lalu.

"Dari awal tanda tangan piagam kerja sama sebenarnya mengusung Pak Prabowo sebagai calon presiden itu sudah di Sentul waktu itu. Jadi otomatis kami terikat itu semua kami laporkan ke pertemuan koalisi dengan Partai Gerindra," kata Ketua DPP PKB Faisol Riza di kawasan Senayan, Rabu (10/5/2023).

Menurut Faisol, pengusungan Prabowo menjadi capres telah dibicarkan dari hati ke hati antara Prabowo dan Ketua Umum PKB Muhaimim Iskandar

"Kami dari awal sudah berbicara hati ke hati usung Prabowo sebagai capres ini lagi dibahas, yang itu biar diputuskan oleh para petinggi partai. Kami ini hanya pelayan partai ini yang menyiapkan hidangan makanan supaya bisa dinikmati bersama oleh kami, lomba masak itu kami, yang menikmati itu adalah petinggi partai masing-masing," kata Faisol.

Sebelumnya, sejumlah elite partai Golkar dan PKB menggelar pertemuan untuk membahas pembentukan koalisi besar, pada Selasa (10/5/2023).

Ketua DPP PKB Faisol Riza menyatakan, akan ada partai pendukung Ganjar Pranowo yang akan segera bergabung ke mereka. Namun ia tidak menyebut apakah partai itu PDIP atau PPP.

“Partai yang kabarnya dari awal mendukung Pak Ganjar juga akan berbalik untuk bergabung di koalisi ini,” kata Faisol di kawasan Senayan, Rabu (10/5/2023).

Selain itu, partai non parlemen juga diklaim akan segera merapat ke calon koalisi besar. “Koalisi besar yang bersama partai gerindra dan partai parlemen maupun non parlemen yang lain,” kata dia.

Infografis Manuver Zigzag Elite Parpol, Saling Goyang Koalisi?
Infografis Manuver Zigzag Elite Parpol, Saling Goyang Koalisi? (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya