Anies Pamer Rekam Jejak Kapten Timnas AMIN Syaugi Alaydrus: Ngeri Nggak? Ngeri Dong

Muhammad Syaugi Alaydrus ditetapkan sebagai Ketua Tim Pemenangan atau Kapten Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

oleh Winda Nelfira diperbarui 16 Nov 2023, 09:13 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 09:13 WIB
Anies Baswedan memamerkan rekam jejak Syaugi di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan dengan mengunggah kolase potret Syaugi saat menjadi pilot pesawat tempur. Syaugi merupakan pensiunan perwira TNI Angkatan Udara (AU). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Anies Baswedan memamerkan rekam jejak Syaugi di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan dengan mengunggah kolase potret Syaugi saat menjadi pilot pesawat tempur. Syaugi merupakan pensiunan perwira TNI Angkatan Udara (AU). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Syaugi Alaydrus ditetapkan sebagai Ketua Tim Pemenangan atau Kapten Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Anies memamerkan rekam jejak Syaugi di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan dengan mengunggah kolase potret Syaugi saat menjadi pilot pesawat tempur. Muhammad Syaugi Alaydrus merupakan pensiunan perwira TNI Angkatan Udara (AU).

"Ini nih kapten Timnas AMIN, Marsekal Madya TNI (Purn.) Muhammad Syaugi. Ngeri nggak? Ngeri dong," kata Anies di akun Instagram @aniesbaswedan, dikutip Kamis (16/11/2023).

Anies menyampaikan Syaugi dulunya pernah menjadi pilot pesawat tempur F-16. Pesawat tempur ini kecepatannya bisa sampai 2.400 kilometer (km) per jam.

Menurut Anies, pesawat tempur ini memiliki G-Force amat tinggi sampai 9G. Sehingga, kata Anies, dibutuhkan banyak keahlian untuk mengoperasikan pesawat tempur F-16 itu.

Kemampuan itu, menurutnya, meliputi kemampuan memahami dan menguasai sistem pesawat, aerodinamika, navigasi dan meteorologi, kebugaran fisik untuk menahan G-force yang amat tinggi dan kondisi yang menantang.

Selain itu, pilot pesawat temput F-16 juga mesti mempunyai kecepatan dalam mengambil keputusan di bawah tekanan besar, kemampuan memahami situasi sekeliling, melihat potensi risiko dan fokus pada tujuan misi.

Lalu, dibutuhkan pula kemampuan memimpin dan kerja sama tim yang baik, serta kemampuan komunikasi secara efektif dan jernih, ketenangan dan kemampuan menghadapi situasi darurat, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang berubah-ubah secara cepat.

"Jadi, sudah tahu ya kompetensi Kapten Timnas AMIN ini?" ujar Anies.

Lalu, Anies juga mengajak masyarakat memberikan dukungan kepada Syaugi yang dipercaya memimpin tokoh-tokoh lainnya dalam struktur tim pemenangan AMIN yang resmi diumumkan pada Selasa, 14 November 2023.

"Kita dukung dan doakan beliau jalankan amanah ini, memimpin barisan tokoh-tokoh lain yang juga amat cakap dan kredibel, bersama-sama membawa perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan masyarakat," kata Anies.


Anies dan Cak Imin Puji Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus

Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus menjadi ketua tim pemenangan atau Kapten Timnas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.
Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus menjadi ketua tim pemenangan atau Kapten Timnas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Anies mengungkapkan Syaugi memiliki jiwa kepemimpinan. Terlihat sekali dari rekam jejaknya. Salah satunya pernah menjabat Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

"Beliau memiliki kemampuan kepimimpinan yang amat baik, memiliki kemampuan manajerial yang baik, lalu kombinasi leadership dan manajerial. Dan kita ingin agar ketua kapten ini benar-benar bisa mengelola sumber daya yang kita miliki menjadi efesien, efektif dalam mencapai tujuan," kata Anies Baswedan kepada wartawan, Selasa (14/11/2023).

"Jadi beliau punya pengalaman di dalam kegiatan pengelolaan SAR, punya pengalaman kepemimpinan. Kalau anda lihat CV-nya, hampir di semua tempat memimpin. Beliau juga mengerti bagaimana mengelola organisasi yang cukup besar. Oleh sebab itu pilihannya jatuh kepada pak Syaugi," sambung dia.

Anies berharap dengan pengalaman, jaringan yang dimiliki, Syaugi mampu berkontribusi besar di dalam tim pemenangan Anies-Muhaimin.

"Bahwa jam terbang di kepemimpinan yang panjang itulah kata kuncinya, karena ini soal kepemimpinan, ini bukan sektoral, dan beliau membawa itu," kata Anies.

Anies bukan hanya memuji sosok Syaugi. Dia mengatakan, semua yang masuk ke dalam susunan Timnas AMIN adalah pemimpin-pemimpin di bidangnya masing-masing.

"Semuanya tak ada yang karbitan di sini, sama sekali. Semuanya adalah orang-orang dengan rekam jejak sejak muda hingga sekarang. Republik ini berhak mendapatkan orang-orang terbaik di bidangnya," ujar Anies.

Sementara itu, Cak Imin mengatakan, Syaugi sebagai mantan pilot pesawat tempur diharapkan mampu membawa Timnas AMIN memenangkan kompetisi pemilu 2024.

"Pak syaugi ini kan penerbang F 16 lagi pasti dalam menentukkan dalam menentukan sasaran presisi, akurat dan lawan harus tumbang," ujar Cak Imin.


Yaugi Alaydrus Optimistis Bisa Memenangkan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Timnas AMIN
Untuk posisi kapten diberikan kepada Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus yakin, bersama jajaran Timnas AMIN akan memenangkan pasangan Anies-Cak Imin menjadi presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024.

"Bismillah, saya yakin dengan rekam jejak AMIN, akan memilih perubahan Indonesia yang lebih baik. Dalam kesebelasan kita akan bermain benar. Mudah-mudahan bisa bawa pasangan AMIN jadi presiden dan wakil presiden," kata Syaugi saat memberikan keterangan persnya, Selasa (14/11/2023).

Syaugi mengatakan bersama dengan co-kapten akan menyiapkan berbagai strategi sehingga masyarakat menjatuhkan pilihan ke pasangan Anies-Muhaimin.

"Kedua, kita mengkoordinir semua relawan untuk menjadi saksi supaya yang disampaikan cawapres bahwa pemilu ini supaya jujur dan adil diawasi. Jadi kita enggak muluk-muluk, enggak membeda-bedakan, kita jangkau semua," ujar Syaugi.


Profil Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus

DPR Minta Penjelasan Pemerintah Terkait Jatuhnya Lion Air PK-LQP
Kepala Basarnas M Syaugi saat rapat kerja (raker) dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11). (Liputan6.com/JohanTallo)

Muhammad Syaugi Alaydrus merupakan pensiunan perwira TNI Angkatan Udara (AU). Ia lahir di Malang, Jawa Timur pada 10 Desember 1960. Dilansir dari merdeka.com, Syaugi terakhir menjabat sebagai Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas).

Saat menjadi Kepala Basarnas, Syaugi memimpin langsung pencarian korban kecelakaan Lion Air JT 610 tahun 2018 lalu. Ketika itu pesawat nahas tersebut jatuh di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

Syaugi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1984 dan peraih Adhi Makayasa. Syaugi juga pernah menjabat Dirjen Renhan Kemhan RI.

Riwayat pendidikan militer Syaugi:

AAU (1984)

Sekkau (1985)

Seskoau (1992)

Seskoal (1999)

Sesko TNI (2008)

PPRA Lemhanas (2010)

Riwayat jabatan militer Syaugi:

Kadisops Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi (1998)

Kasi Base Ops Disops Lanud Iswahyudi (2000)

Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi (2001)

Utk Pabandya B-41 Dit B Bais TNI (2003)

Athan RI di Moscow/Rusia (2004)

Pamen Bais TNI (2006)

Kasubdit C Ditanglingstra Ditjen Strahan Dephan (2007)

Paban VI/Kersin Srenau TNI (2007)

Paban I/Restra Srenau (2008)

Pamen Srenau/Dik Lemhanas PPRA-44 (2010)

Pangkosekhanudnas IV/Biak (2010)

Komandan Lanud Iswahyudi (2011)

Pangkoopsau I[3] (2012)

Dirjen Renhan Kemhan RI (2014)

Kepala Badan SAR Nasional (2017)

 

 

Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya