Jelang Debat Ketiga Pilpres, Anies Rutin Diskusi dengan Syaugi hingga Sutiyoso

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan rutin menjalin komunikasi dengan Kapten Timnas AMIN M Syaugi Alaydrus menjelang debat ketiga Pilpres 2024 yang akan berlangsung, Minggu 7 Januari 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 05 Jan 2024, 10:05 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2024, 10:05 WIB
Anies Baswedan saat debat capres perdana di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023).
 Anies Baswedan saat debat capres perdana di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU RI)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan rutin menjalin komunikasi dengan Kapten Timnas AMIN M Syaugi Alaydrus  menjelang debat ketiga Pilpres 2024 yang akan berlangsung, Minggu 7 Januari 2024.

Adapun debat ketiga porsi capres akan membahas tema pertahanan, keamanan hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri. Tema ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tentu kapten (rutin komunikasi bahas tema debat dengan Anies) karena dia yang punya kapasitas. Secara kewenangan di Timnas beliau kan mampu untuk mengarahkan tim di Timnas," kata Juru Bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumilena kepada wartawan, dikutip Jumat (5/1/2024).

Selain Syaugi, Anies juga melakukan komunikasi intens dengan unsur purnawirawan TNI yang ada di Timnas AMIN. Semisal, Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

"Kita juga ada forum purnawirawan yang mendukung AMIN dimana Kapten Timnas, kemudian bang Sutiyoso ada di dalam situ. Tentu mereka punya perspektif untuk memberikan masukan," ujar Billy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kedepankan Gagasan dan Nilai

Ekspresi Para Capres/Cawapres saat Paparan Visi Misi pada Debat Perdana Pilpres 2024
Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Billy menyampaikan, Anies dipastikan bakal kembali mengedepankan gagasan dan nilai yang pas dengan tema dan sub tema debat.

Menurut Billy, Anies akan menyelaraskan tema debat sesuai dengan pengalaman yang ia peroleh selama menjabat gubernur DKI Jakarta.

"Selama beliau (Anies) menjabat di DKI beberapa kali menyelenggarakan forum internasional, terus kemudian interaksi dengan kumpulan wali kota di mayors summit 40 walikota di kota-kota besar seluruh dunia," kata Billy.

Saat ini, kata Billy Anies dalam proses mempertajam isu dan data terkait tema debat yang dirasa masih kurang. Namun, secara pengalaman dan pengetahuan Anies disebut 100 persen siap debat.


Anies 100 Persen Siap Hadapi Ganjar dan Prabowo di Debat Capres 7 Januari 2024

Sebelumnya, Billy David Nerotumilena mengatakan, Anies siap 100 persen menghadapi Capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Debat capres akan digelar pada Minggu, 7 Januari 2024. Billy menyampaikan, Anies juga tak gentar dengan subtema debat ketiga.

"Kami menegaskan bahwa 100 persen Pak Anies yang akan menghadapi debat besok siap, terutama tentang topik subtema yang akan dibahas baik itu hubungan internasional lalu, hankam dan juga geopolitik ya," kata Billy saat dikonfirmasi, dikutip Kamis (4/1/2024).

Menurut Billy, persiapan telah dilakukan Anies dari jauh-jauh hari. Anies, kata Billy aktif hadir dalam kegiatan diskusi yang membahas topik dan tema serupa yang dihelat banyak lembaga riset.

"Kesiapan ini ditunjukkan bukan cuma seminggu sebelum debat, tapi Jauh sebelum itu kalau teman-teman ingat Beliau pernah hadir di beberapa forum yang membahas topik serupa di CSIS satu kali, kemudian di FPCI Pak Dino yang membahas topik hubungan internasional juga beliau datang dan hadir," jelas dia.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya