Tidak Ada Penutupan Jalan saat Debat Cawapres di JCC Senayan Malam Nanti

Polda Metro Jaya tidak akan melakukan rekayasa arus lalu lintas atau penutupan di sekitar ruas jalan Jakarta Convention Center (JCC) Senayan saat debat calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu malam (21/1/2024).

oleh Tim News diperbarui 21 Jan 2024, 07:47 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2024, 07:47 WIB
Ekspresi Para Calon Wakil Presiden pada Debat Pemilu 2024
Para calon wakil presiden pada Pemilu 2024 memaparkan visi misi dalam debat kedua Cawapres 2024 di Jakarta Convetion Center, Jumat (22/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya tidak akan melakukan rekayasa arus lalu lintas atau penutupan di sekitar ruas jalan Jakarta Convention Center (JCC) Senayan saat debat calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu malam (21/1/2024).

"Tidak ada buka tutup jalan pelaksanaan gatur lalin secara normal," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi.

Sehingga, kata Ade, untuk ruas jalan utama seperti Gatot Subroto mengarah ke Slipi dan Jalan Gerbang Pemuda maupun sebaliknya akan diberlakukan secara normal.

Meski begitu, polisi akan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan melihat kondisi situasional di lapangan.

Sementara itu, untuk pengamanan personel, dari Polda Metro Jaya dan jajarannya telah mengerahkan sebanyak 2.000 anggota polisi yang bakal disebar di beberapa titik di JCC Senayan.

"Bapak Kapolda Metro Jaya akan menyiapkan 2.000 personel Polri Untuk pelaksanaan pengamanan debat cawapres," kata Ade.

"Polda Metro Jaya siap untuk mengamankan pelaksanaan tersebut. Kami mohon dukungan dan kerja sama dari semua pihak dan masyarakat agar kegiatan bisa berlangsung aman dan tertib," kata Ade.

Diketahui, debat keempat nanti malam akan diselenggarakan bagi tiga cawapres yang bakal beradu argumen dan gagasan untuk kedua kalinya.

"Ya debat pilpres keempat akan diselenggarakan Minggu 21 Januari 2024," ujar Komisioner KPU RI August Mellaz.

Dia menjelaskan, seperti pada debat-debat sebelumnya, KPU RI juga telah menetapkan lokasi debat cawapres yakni di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Ada tiga stasiun televisi sebagai penyelenggara debat pilpres 2024 nanti malam. "TV penyelenggara adalah SCTV, Indosiar dan Metro TV," ucap August Mellaz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dua Moderator Debat Cawapres Nanti Malam

Capres/Cawapres Jelang Debat Perdana Pilpres 2024
Suasana halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) sesaat sebelum acara debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan menyelenggarakan debat keempat pilpres 2024, Minggu, 21 Januari 2024. Pada kesempatan tersebut, dua orang moderator sudah ditunjuk untuk memandu jalannya debat tersebut.

"Dua orang moderator debat keempat pilpres 2024. Semuanya perempuan, mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta, Rabu (17/1/2024).

August Mellaz menjelaskan, alasan memilih keduanya dilihat berdasarkan kompetensi dan sosok yang mumpuni karena pengalaman keduanya sebagai seorang jurnalis.

Selain itu, kedua nama terkait juga sudah mewakili dari dua stasiun tv yang akan bertindak sebagai penyelenggara siaran yakni EMTEK Group (SCTV-Indosiar) dan Metro TV.

"Ya kalau ini sih urusannya pengalaman, kompetensi, dan kemudian mewakili juga dari stasiun televisi penyelenggara dengan mengajukan figur-figur yang sangat kompeten," ungkap Mellaz.

 


Profil Moderator Debat Cawapres, Retno Pinasti

Berdasarkan rekam jejak digital, bukan hal baru bagi Retno Pinasti menjadi moderator debat pilpres. Pada 2019, Retno juga berkesempatan melakoni hal yang sama.

Retno bukan sosok baru di industri media. Dia adalah seorang jurnalis dengan segudang pengalaman dan latar keilmuan yang mumpuni. Sosok perempuan kelahiran 10 Januari 1976 ini adalah lulusan UGM pada jurusan Bahasa Inggris pada jenjang strata satu. Dia melanjutkan kuliahnya di University of London, U.K untuk mengambil gelar master of Television Journalism.

Kariernya sebagai wartawan sudah malang melintang. Mulai dari TVRI, Liputan6, hingga VOA di Washington DC. Sebagai informasi, saat ini Retno dipercaya sebagai pemimpin redaksi untuk Liputan 6 SCTV.

Senada dengan itu, Zilvia Iskandar juga merupakan news anchor yang andal. Perempuan kelahiran 2 Februari 1990 ini sudah bergabung dengan Metro TV sejak 2012.

Dihimpun dari pelbagai sumber. Zilvia pernah meraih penghargaan bergengsi pada ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2017, sebagai Presenter Berita Terbaik.

Saat ini Zilvia Iskandar membawakan program-program unggulan Metro TV, seperti Headline News, Metro Hari Ini, Primetime News, dan Prime Talk.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya