Unggul di Jawa Timur, PKB Akui Siapkan Kader Terbaik untuk Pilkada 2024

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) unggul sementara di Pemilihan Legislatif 2024 di wilayah Jawa Timur (Jatim) dari hasil perhitungan suara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

oleh Winda Nelfira diperbarui 05 Mar 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2024, 03:00 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyerahkan ratusan ribu benih ikan berbagai jenis kepada kelompok nelayan dan pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyerahkan ratusan ribu benih ikan berbagai jenis kepada kelompok nelayan dan pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) unggul sementara di Pemilihan Legislatif 2024 di wilayah Jawa Timur (Jatim) dari hasil perhitungan suara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda, mengatakan Jatim otomatis menjadi salah satu wilayah prioritas PKB di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Ya hasil real count KPU dan perhitungan internal kami menang di Jatim terpaut jauh dengan parpol yang selama ini menjadi saingan ketat kami di Jatim, artinya daerah Jatim termasuk menjadi agenda prioritas," kata Huda di DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Meski begitu, dia menyebut partainya belum memutuskan siapa figur yang bakal diusung PKB untuk maju dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024. Namun, kata Huda daftar tokoh potensial telah didata.

"Kami belum memastikan siapa sosoknya tapi sudah ada list-nya. Tapi sekali lagi perlu kami sampaikan pada kesempatan yang baik ini, kami sudah menyiapkan sosoknya," ucap dia.

Lebih lanjut, Huda memastikan sosok yang dipilih maju Pilkada Jatim nantinya merupakan kader terbaik PKB. Figur itu diyakini siap berkompetisi dengan rival manapun.

"Figurnya InsyaAllah akan berkompetisi dengan siapapun saya kira, siapapun berkompetisi di Jatim. PKB siap dan sudah menyiapkan kader terbaik untuk maju dalam perhelatan Pilgub Jawa Timur," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usung Perubahan di Pilkada 2024

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), bakal mengusung misi perubahan di pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak 2024. Opsi untuk melanjutkan koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem di Pilkada serentak pun terbuka lebar.

"Semangat kami adalah semangat perubahan. Kebetulan kami sudah punya kemistri yang cukup baik selama Pilpres ini," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

"Di dalam agenda Pilkada 2024 koalisi yang terbangun dari PKB PKS dan NasDem akan menjadi bagian salah satu opsi dalam rangka mengusung beberapa calon di daerah-daerah di seluruh Indonesia," lanjut dia.

Meski begitu, Huda mengaku partainya tak menutup untuk tetap berkomunikasi dengan partai politik (parpol) lainnya. Namun, kata Huda dengan tidak mengabaikan semangat perubahan.

"Tentu semangatnya kita letakkan pada semangat perubahan yang berbasis kepada daerah-daerah, baik provinsi kabupaten maupun kota di seluruh Indonesia," kata dia.


Kursi Bertambah

Lebih lanjut, Huda menyampaikan, saat ini merujuk hasil sementara Pemilu 2024 kursi PKB baik di level DPRD kabupaten maupun DPRD provinsi naik secara signifikan.

Dia menyebut, kenaikan suara PKB itu terjadi wilayah-wilayah di luar basis tradisional seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB, dan NTT.

"Hal ini menjadi modal kuat bagi PKB untuk mengusung calon-calon terbaik di masing-masing daerah untuk menduduki posisi sebagai gubernur, bupati,maupun wali kota," ucap Huda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya