Gerindra dan PKS Resmi Usung Mahyeldi-Vasco Ruseimy di Pilkada Sumbar

Partai Gerindra dan PKS secara resmi mengusung Mahyeldi Ansharullah dan Vasco Ruseimy sebagai calon dalam Pilkada Sumatera Barat (Sumbar) 2024

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 12 Jul 2024, 21:30 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 21:30 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Barat (DPW PKS Sumbar) Mahyeldi Ansharullah
Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Barat (DPW PKS Sumbar) Mahyeldi Ansharullah. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra dan PKS resmi mengusung Mahyeldi Ansharullah-Vasco Ruseimy untuk maju Pilkada Sumatera Barat (Sumbar) 2024.

Foto Surat dukungan Gerindra dan PKS diunggah oleh Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade, di akun Instagram miliknya pada Jumat (12/7/2024).

Surat rekomendasi Mahyeldi-Vasco Ruseimy itu ditandatangani Ketum Gerindra, Prabowo Subianto dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, pada 11 Juli 2024.

"DPP Gerindra dan DPP PKS secara resmi mengusung Pasangan Mahyeldi dan Vasco untuk maju sebagai cagub dan cawagub Sumbar di pilkada 27 November 2024," tulis Andre, dikutip Jumat (12/7/2024).

Selain mengunggah surat rekomendasi Gerindra, Andre juga mengunggah surat keputusan DPP PKS mendukung Mahyeldi-Vasco Ruseimy yang telah ditandatangani oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dan Sekjen Aboe Bakar Alhabsiy, pada 4 Juli 2024 lalu.

Diketahui, Mahyeldi merupakan Gubernur Petahana yang juga Ketua DPW PKS Sumbar dan sementara Vasco Ruseimy merupakan Ketua DPP Partai Gerindra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gerindra Umumkan Para Jagoannya untuk Maju di Pilkada Banten 2024

Partai Gerindra mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.
Partai Gerindra mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. (Foto: Istimewa).

Sebelumnya, Partai Gerindra juga telah resmi mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengetakan, DPP Partai Gerindra sudah mengamanahkan surat rekomendasi yang ditandatangani Presiden terpilih Prabowo Subianto kepada keduanya.

"Calon gubernurnya saudara Andra Soni dengan wakil gubernur saudara Dimyati Natakusumah," kata Muzani di Tangerang Selatan, Minggu (30/6/2024).

Dirinya pun bersyukur dan berterimakasih kepada partai-partai yang bakal mendukung pasangan tersebut. Di antaranya, PKS, PAN, Partai NasDem, PSI, PKB, dan PPP.

Meski sudah didukung banyak partai politik (parpol), dirinya mengaku saat ini sedang melakukan komunikasi dengan Partai Demokrat.

"PKS, PAN, Partai NasDem, PSI, PKB, PPP, dan Partai Demokrat sedang dikomunikasikan. Insya Allah beberapa partai lain dalam proses pembicaraan," ujarnya.


Buka Pintu Partai Lain

Selain itu, Muzani menegaskan, Partai Gerindra membuka pintu jika partai lain hendak mengusung pasangan Andra-Dimyati dalam memenangkan Pilkada Banten 2024.

"Masih terbuka untuk bergabung dalam Koalisi Banten Maju (KBM) bersama Andra Soni dan Dimyati Natakusumah," tegasnya.

Ke depannya, Muzani memastikan, pihaknya bakal menyelaraskan dan memaketkan beberapa tokoh yang akan maju dalam Pilkada Banten 2024 bersama KBM.

"Langkah ke depan, kita akan berusaha menyelaraskan agar ini bagian dari paket perjuangan menuju Banten maju 2024 dan memenangkan pasangan Andra-Soni," ucapnya.

Infografis PKS Usung Bakal Cagub Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis PKS Usung Bakal Cagub Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya