Pertolongan Pertama Saat Rumah Bocor

Sambil menunggu tukang tiba, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menghentikan kebocoran.

oleh boyleonard diperbarui 02 Sep 2016, 19:08 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2016, 19:08 WIB
201600829-atap rumah bocor-rumahcom-boy
Sambil menunggu tukang atap tiba, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menghentikan kebocoran.

Liputan6.com, Jakarta Hujan merupakan sebuah berkah karena menjauhkan kita dari kekeringan. Namun saat musim hujan, ada satu masalah klasik yang sering terjadi yaitu atap rumah yang bocor.

Penyebab dan sumber kebocoran ini juga bisa bermacam-macam, salah satunya adalah masalah pada genteng dan lubang di langit-langit. Sambil menunggu tukang atap tiba, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menghentikan kebocoran agar tidak menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut ini langkah-langkahnya:

Menampung air

Biasanya, kebocoran datang dari langit-langit rumah, maka segera periksa bagian itu. Jika ada bagian yang basah, tetesan air yang turun, dan hujan belum juga berhenti, letakkan ember atau wadah lain di bawah area kebocoran. Biarkan ember menampung tetesan air hujan.

Menutupi furnitur

Jika tetesan air jatuh di dekat furnitur, Anda harus bergerak cepat dan segera pindahkan furnitur tersebut ke tempat yang lebih aman. Namun kalau ukuran furnitur terlalu besar dan tidak mungkin dipindahkan, tutupi semua bagian dfurnitur tersebut dengan plastik.

Jika air dibiarkan menetes di atas furnitur, hal ini akan mengakibatkan kerusakan yang tidak diinginkan.

Menandai bagian yang bocor

Setelah cuaca kembali cerah, periksa bagian-bagian interior rumah yang mengalami perubahan karena kebocoran dan kelembapan. Apakah terdapat noda atau perubahan warna pada langit-langit rumah? Tandai bagian-bagian yang mengalami kebocoran dan perubahan dengan kapur.

Mencari asal kebocoran

Jika Anda penasaran mengenai asal kebocoran atap tetapi tukang belum juga tiba, Anda dapat naik ke loteng atau genting hanya untuk mencari tahu dan menandai sumber-sumber kebocoran.

Lakukan pada siang hari dan setelah hujan berhenti. Berjalanlah di atap dengan hati-hati dan bawalah senter.

Tidak mencoba memperbaiki sendiri

Bekerja di atas atap cukup sulit dilakukan dan berbahaya. Dibutuhkan kepercayaan diri dan ketelitian karena pekerjaan ini harus dilakukan dengan aman. Jika Anda belum pernah memperbaiki kebocoran atap, hindari mencoba memperbaiki atap sendiri.

Metode yang tepat untuk memperbaiki kebocoran akan tergantung pada bahan dan konstruksi atap. Maka biarkan tukang atap untuk melakukannya.

Foto: Pixabay

Nur Rahma

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya