Menuju Gowa Kota Tanpa Kumuh

Gowa Kota Tanpa Kumuh dicanangkan untuk mengoptimalkan layanan publik.

oleh Ahmad Yusran diperbarui 11 Mei 2016, 14:00 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2016, 14:00 WIB
Gowa Kota Tanpa Kumuh
Gowa Kota Tanpa Kumuh diluncurkan

Liputan6.com, Gowa - Pemerintah Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan mencanangkan daerahnya menjadi Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bertepatan dengan kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Gowa ke Kelurahan Mawang Kecamatan Somba Opu, Selasa 10 Mei 2016.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo mengatakan Program Kotaku merupakan program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mempercepat penanganan kumuh perkotaan.

"Gerakan 100-0-100 merupakan inti dari program ini antara lain menargetkan penyediaan 100 persen akses aman air minum, nol persen kawasan permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak," kata Adnan.

 


Adnan menyampaikan target dari Program Kotaku yakni menjadi kota bebas sampah dan tak kumuh lagi.

"Pemkab akan memfasilitasi dengan infrastruktur. Saya harap masyarakat berpartisipasi menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," ujar Adnan di hadapan warga Somba Opu.

Dia mengatakan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dilaksanakan di 269 kabupaten/kota. Kabupaten Gowa merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sungguminasa. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.883,32 kilometer persegi dan berpenduduk lebih kurang 652.941 jiwa.

Gowa memiliki sejumlah kecamatan yakni Bajeng, Bajeng Barat, Barombong, Biringbulu, Bontolempangan, Bontomarannu, Bontonompo, Bontonompo Selatan, Bungaya, Manuju, Pallangga, Pattallassang, Parangloe, Parigi, Somba Opu, Tinggimoncong, Tombolo Pao dan Tompobulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya