Pagi-Pagi Terhipnotis di Air Terjun Waolo

Air Terjun Waolo masih asri. Selain airnya dari mata air pegunungan langsung, di sekitar air terjun pun terlihat pepohonan rindang.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 13 Jul 2019, 06:00 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2019, 06:00 WIB
Air Terjun Waolo, Surga Tersembunyi di Dusun Terpencil di Bone Bolango
Air terjun Waolo, surga tersembunyi di dusun terpencil di Bone Bolango. (LIputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Gorontalo - Siapa sangka di Dusun Waolo terdapat potensi alam cantik yang belum diketahui. Dusun terpencil yang berada di Desa Molotabu, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo ini ternyata mempunyai kondisi alam yang begitu indah.

Salah satunya, air terjun yang terkenal dengan kesegaran airnya. Memang bisa dibilang tidak terlalu besar, tetapi kesegaran air terjun pengunungan ini bisa menghipnotis pengunjung yang datang ke dusun tersebut.

Setelah lelah berjalan selama berjam-jam menuju dusun ini, kesegaran air terjun kecil tersebut mampu membayar semua kelelahan selama perjalanan. Saat mandi di Air Terjun Waolo ini rasa segar langsung menyergap tubuh. Warga yang datang di dusun ini tak lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk bersantai di Air Terjun Waolo.

Air Terjun Waolo masih asri. Selain airnya dari mata air pegunungan langsung, di sekitar air terjun pun terlihat pepohonan rindang memberi rasa damai sejuk seakan menyapa pengunjung yang datang.

Tidak hanya itu, di sekitar lokasi air terjun ini kita bisa mendengarkan berbagai macam kicauan jenis burung, salah satunya burung anoa yang merupakan endemik asli Sulawesi.


Airnya Jernih dan Bersih

Air Terjun Waolo, Surga Tersembunyi di Dusun Terpencil di Bone Bolango
Air terjun Waolo, surga tersembunyi di dusun terpencil di Bone Bolango. (LIputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Seperti halnya yang dikatakan Aliem Suma, salah seorang pengunjung yang datang ke Dusun Waolo ini, meski dusun terisolasi, tetapi kaya akan potensi alamnya. Ia merasa kagum dengan keindahan alam sekitar.

"Saya merasa kagum dengan alam sekitar yang masih asli, rasa capek menempuh perjalanan sampai di sini terbayar sudah dengan keindahan alam sekitar, apalagi mandi di air terjun yang dinginnya luar biasa," tutur Alim.

Tidak hanya itu, menurut warga sekitar, air yang mengalir dari atas air terjun itu bisa diminum mentah tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

"Air di sini biasa kami minum mentah, hal ini kami sudah lakukan bertahun tahun dan itu aman. Sebab selain airnya sangat dingin, juga bersih dan jernih yang mampu melepas dahaga kami setelah haus bekerja di kebun," ujar Winda Abdul, warga sekitar.

Ternyata Dusun Waolo yang terpencil ini meyimpan kekayaan alam begitu luar biasa, mulai dari hasil petanian dan perkebunan yang berlimpah, hingga air terjun yang bisa dijadikan sebagai objek wiata yang tidak banyak diketahui.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya