Akhir Pekan Seru Bareng Hiu Paus Gorontalo yang Ramah

Perairan Teluk Tomini, tepatnya di Desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, menawarkan wisata menyelam bareng hiu paus yang ramah.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 27 Agu 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2022, 06:00 WIB
Hiu Paus Gorontalo saat berenang bersama wisatawan lokal (Arfandi/Liputan6.com)
Hiu Paus Gorontalo saat berenang bersama wisatawan lokal (Arfandi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Hiu paus ramah yang menetap di laut Gorontalo, saat ini bisa kita jumpai lagi. Ikan raksasa dengan nama latin Rhincodon typus itu kembali menyapa setiap wisatawan yang datang.

Pelancong bahkan bisa melihat secara dekat sambil memberi makan ikan tersebut. Tidak ada yang perlu ditakutkan dengan ikan ini, selain ramah, ikan ini sudah cukup lama bersahabat dengan wisatawan.

Hiu paus ini sudah menetap lama di perairan Teluk Tomini, tepatnya di Desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Itulah mengapa jika desa ini dikenal dengan wisata hiu paus.

"Saat datang ke Gorontalo, kalau ingat Desa Botubarani pasti kami tidak lupa berkunjung ke wisata hiu paus," kata Nanulu Rahman warga Sulawesi Utara saat bercengkrama dengan hiu paus Gorontalo, Jumat (26/08/2022).

Menurutnya, jika di wisata ini kita tidak hanya sekedar melihat hiu paus saja. Namun, kita diperbolehkan untuk mendekati sembari memberi makan hiu paus ramah itu.

"Pokoknya sangat asik, untuk makanan hiu kita bisa beli di lokasi wisata. Dengan makanan itu, kawanan hiu paus raksasa akan mendekat," tuturnya.

Menariknya lagi, kawanan hiu paus tersebut seakan sudah bersahabat dengan nelayan yang perahunya disewa pengunjung. Hanya dengan mengetuk-ngetuk badan perahu, hiu akan datang mendekat.

"Ajaib sekali, ikan raksasa itu seperti peliharaan mereka. Nelayan itu memanggil dengan cara unik dan hiu itu akan datang," ungkapnya.

"Akhir pekan adalah hari yang seru bagi kita untuk bermain dengan mereka. Di sini juga disediakan alat snorkeling dan diving yang bisa disewa oleh pengunjung," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sering Hilang dan Kembali

Sejumlah wisatawan mancanegara saat berbincang di Lokasi Wisata Hiu Paus Gorontalo (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Sejumlah wisatawan mancanegara saat berbincang di Lokasi Wisata Hiu Paus Gorontalo (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Sementara itu, Salah satu tim monitoring Dinas Pariwisata Kabupaten Bonebol, Iman Tilahunga mengaku, jika saat ini wisata hiu paus banyak didatangi oleh warga negara asing untuk berwisata hingga melakukan penelitian.

"Saat ini pengunjung yang paling banyak adalah bule dari berbagai negara. Mereka rela merogoh kocek mahal demi bertemu hiu paus Gorontalo," kata Iman.

Iman mengaku, jika kemunculan kembali hiu paus tersebut sudah sejak bulan mei hingga sekarang. Meskipun kadang menghilang, kawanan hiu paus tetap akan kembali ke Desa Botubarani dan menyapa para wisatawan.

"Saat ini yang terlihat ada dua ekor besar, biasanya sampai empat ekor hingga lima ekor. Memang kita harus akui, jika hiu ini sering hilang tetapi dia akan kembali dan menetap lama," ungkapnya.

"Jadi ketika datang ke Gorontalo, wisatawan harus mencari informasi terlebih dahulu jika saat ini kawanan hiu menampakan dirinya atau tidak, agar kita bisa bertemu mereka," ia menandaskan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya