Rekor Kelulusan Double Degree FEB Undip Akhirnya Pecah

Para lulusan ini mendapatkan dua gelar dalam dan luar negeri sekaligus.

oleh Edhie Prayitno IgeLiputan6.com diperbarui 04 Nov 2022, 15:42 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 15:42 WIB
Feb undip
Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis berpose bersama dengan pimpinan kampus di luar negeri yang menyelenggarakan program double degre.(foto: liputan6.com/ dok Undip)

Liputan6.com, Semarang - Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP) mencetak rekor kelulusan program double degree. Ada 37 mahasiswa yang berhasil menyelesaikan international exposure.

18 mahasiswa meraihnya melalui program double degree dan 19 mahasiswa melalui Credit Transfer System (CTS). Ini adalah capaian tertinggi semenjak Program IUP FEB Undip dirintis sejak tahun 2013 dan dimulai secara resmi tahun 2016.

Double degree adalah gelar ganda yang diperoleh dari Universitas Diponegoro dan dari mitra perguruan tinggi di luar negeri dalam rangka kerja sama pengembangan suatu program studi.

Program double degree Undip diantaranya dilakukan bersama Prodi Manajemen Saxion University Belanda, Prodi Manajemen Curtin University Australia, Prodi Manajemen Medicis Business School Perancis, Prodi Akuntansi Saxion University Belanda; sedangkan program CTS dilaksanakan bersama Oxford University dan University of Nottingham.

Dekan FEB Undip, Prof Dr Suharnomo SE MSi, mengatakan bahwa ke 37 mahasiswa program internasional yang diwisuda pada Kamis (3/11/2022) tersebut, beberapa di antaranya langsung bekerja di lembaga internasional. 

“Beberapa diantaranya langsung bekerja di Belanda. Ini sungguh nmembanggakan bagi kami,” kata Suharnomo, Jumat (4/11/2022).

Suharnomo berharap setelah lulus para mahasiswa terus mengembangkan karakter agar semakin kuat, memaksimalkan kemampuan komunikasi bahasa asingnya, serta terus mengasah dan membentuk jiwa kepemimpinan serta kompetensi di bidang keilmuannya masing-masing. 

“Kita berharap para alumni tidak hanya terserap di level nasional tetapi juga mampu menjadi warga global,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warga Global

Saat ini International Undergraduate Program (IUP) FEB Undip memiliki tiga Prodi yakni International Business, Accounting, dan Economics and Finance. FEB Undip merupakan salah satu yang memiliki data Blomberg di Indonesia dengan fasilitas Bloomberg Terminals dan Finance Laboratory. 

“Ada 800 universitas di dunia yang bekerjasama dengan Bloomberg. Kami menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki Bloomberg Financial,” kata Suharnomo.

Berdasarkan pemeringkatan terbaru dari Times Higher Education, FEB Undip menempati peringkat 601 dunia dan ranking 3 di Indonesia. Adapun Program IUP FEB Undip mensyaratkan semua mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan International Exposure. Karena itu kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat utama. 

Beberapa wisudawan Program IUP FEB Undip yang memperoleh double degree antara lain Sarah Alisha Maharani prodi Manajemen dari Saxion University Belanda, Hilya Ramadhania Siyauqi M prodi Manajemen dari Curtin University Australia, Adinda Maharani Kaltsum Zamroni prodi Manajemen dari Medicis Business School Perancis, Muhammad Ghifari Ifdial prodi Manajemen dari Saxion University Belanda, Dewi Claudia Agustin Prodi Akuntansi dari Saxion University Belanda, Putu Deny Wijaya prodi Akuntansi dari Saxion University Belanda serta Hasan Firdaus Busrol Karim dari Saxion University Belanda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya