Taman Pracima, Wisata Solo yang Sajikan Budaya dan Kuliner Sekaligus 

Restoran Taman Pracima menyajikan beragam menu kuliner khas Solo dan Keraton Mangkunegaran.

oleh Tifani diperbarui 11 Feb 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2023, 15:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara peresmian Taman Pracima atau Pracima Tuin di dalam komplek Pura Mangkunegaran
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara peresmian Taman Pracima atau Pracima Tuin di dalam komplek Pura Mangkunegaran

Liputan6.com, Solo - Taman Pracima atau Pracima Tuin menjadi tempat wisata baru di Solo, Jawa Tengah (Jateng). Taman Pracima diresmikan oleh Sri Paduka Mangkoenagoro X, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada Januari 2023 lalu.

Tempat wisata Solo ini menyajikan unsur wisata budaya, seni, dan kuliner sekaligus. Uniknya, Taman Pracima masih berada di Lingkungan Mangkunegaran.

Terdapat tiga bangunan utama pada Taman Pracima ini yaitu Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik. Beberapa bangunan tersebut memfasilitasi kegiatan kuliner, pengolahan hasil bumi hingga pengembangan seni budaya.

Restoran Taman Pracima menyajikan beragam menu kuliner khas Solo dan Keraton Mangkunegaran. Beragam menu kuliner yang disajikan di antaranya unjukan seperti kunyit asam, beras kencur, sinom, dan masih banyak lagi.

Hidangan pembuka seperti urap pitik linting serta sop, salad, dedharan utama, hingga hidangan penutup juga tersedia. Di setiap penjuru Taman Pracima juga terdapat bangku taman dan gazebo yang cocok untuk bersantai sembari mengobrol.

Taman Pracima buka mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Namun, bagi wisatawan yang ingin berkunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu melalui laman pracima.id.

Untuk berkunjung ke tempat wisata baru di Solo ini, para wisatawan tak perlu membayar atau gratis. Namun, untuk memasuki kawasan Pura Mangkunegaran Solo pengunjung biasanya harus membayar Rp20.000 untuk wisatawan lokal dan Rp40.000 untuk wisatawan asing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya