Deretan Tempat Wisata di Purbalingga, Tak Kalah Memesona dengan Daerah Lainnya

Jika kamu berencana berlibur ke Purbalingga, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi

oleh Switzy Sabandar diperbarui 13 Jun 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2023, 06:00 WIB
[reservasi]wisata indonesia 2017
Jembatan Cinta yang jadi spot selfie romantis di Purbalingga (ig: @rizkybenggolo)

Liputan6.com, Purbalingga - Purbalingga, Jawa Tengah, memiliki sederet destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Meski tak banyak diperbincangkan, ternyata Purbalingga juga memiliki keindahan alam yang tak kalah memesona dengan daerah lainnya.

Jika kamu berencana berlibur ke Purbalingga, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi:

1. Curug Sumba

Curug Sumba berlokasi di Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kemejing, Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Curug ini merupakan salah satu bukti nyata dari julukan Purbalingga, yakni kota seribu curug.

Curug Sumba memiliki suasana yang masih alami. Air terjun yang mengalir dari tebing pun tidak terlalu deras, sehingga cukup aman untuk wisatawan.

Air di curug ini cukup jernih dengan warna biru kehijauan. Pengunjung bisa berenang tepat di bawah air terjun wisata Purbalingga ini.

2. Gua Lawa

Gua Lawa berlokasi di Desa Siwarak RT.01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Gua ini memiliki 14 ruangan gua.

Tidak seperti gua pada umumnya, tempat ini diterangi lampu, sehingga lebih mudah untuk dijelajahi. Daya tarik lainnya dari gua ini adalah adanya sumber air Sendang Drajat dan Pancuran Slamet yang tak pernah surut. Setelah menjelajahi gua, para pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di kafe yang masih berada di sekitar area tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puncak Sendaren

3. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren berlokasi di Jalan Ardi Lawet, Dusun I, Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Untuk menikmati pemandangan dari Puncak Sendaren, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dengan melewati jalan setapak.

Saat berada di atas, pengunjung pun bisa menikmati keindahan alam dari atas jembatan. Jembatan ini disebut dengan jembatan selfie karena memang menjadi spot favorit untuk mengambil foto. Selain jembatan, juga terdapat banyak spot lain yang tak kalah menarik, salah satunya susuh burung atau rumah pohon yang dibentuk menyerupai rumah burung.

4. Rumah Pohon Igir Wringin

Rumah Pohon Igir Wringin berlokasi di Bantarbarang, Rembang, Rajawana, Karangmoncol, Dusun II, Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Pengunjung bisa singgah di rumah pohon sambil menikmati panorama Purbalingga dari ketinggian.

Beberapa orang menyebut destinasi wisata ini sebagai Kalibiru-nya Purbalingga karena mirip dengan wisata Kalibiru di Yogyakarta. Destinasi wisata ini juga menawarkan suasana asri dan tenang, sehingga sangat cocok untuk liburan.

5. Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta berlokasi di Dusun 1, Karangcegak, Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan indah dengan telaga yang bening.

Saking jernihnya, bebatuan alam pada telaga tersebut bisa terlihat jelas. Tak heran banyak pengunjung yang berenang bahkan snorkeling di sini. Selain itu, pengunjung juga bisa mengabadikan momen di bawah air (foto underwater).

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya