Mengenal Mepamit dan Dharma Suaka, Prosesi Jelang Pernikahan Mahalini dan Rizky Febian

Prosesi mepamit dilaksanakan di rumah pengantin wanita. Sementara itu, calon pengantin pria akan membawa banten atau seserahan bersama pihak keluarga.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 06 Mei 2024, 09:58 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2024, 09:58 WIB
Mahalini dan Rizky Febian
Rizky Febian dan Mahalini menjalani upacara Dharma Suaka dilanjutkan dengan Mepamit. Calon pengantin wanita minta izin kepada leluhur untuk menikah. (Foto: Dok. Instagram @rfasmusic)

Liputan6.com, Bali - Pasangan artis Mahalini dan Rizky Febian akhirnya bakal segera resmi menikah. Jelang pernikahan, keduanya menggelar rangkaian prosesi adat mepamit dan dharma suaka.

Prosesi adat ini biasa dilakukan oleh calon pengantin yang akan menggunakan adat Hindu Bali. Hal ini pula yang dilakukan Mahalini dan Rizky Febian karena sang calon pengantin wanita merupakan asli Bali.

Mengutip dari berbagai sumber, mepamit merupakan tradisi yang menjadi simbol pamitnya calon mempelai wanita kepada para leluhurnya saat akan menikah. Mepamit yang juga sering disebut mejauman penamaannya berasal dari bahasa Bali yang berarti pamit atau berpamitan.

Prosesi mepamit dilaksanakan di rumah pengantin wanita. Sementara itu, calon pengantin pria akan membawa banten atau seserahan bersama pihak keluarga.

Seserahan yang dibawa biasanya berupa ketupat bantal, sumping, cerocot, apem, wajik, serta aneka penganan tradisional berwarna putih dan merah. Mereka juga akan menghadiri dan menyaksikan upacara ini.

Sementara itu, dharma suaka atau medharma suaka merupakan rangkaian dalam tradisi pernikahan Hindu Bali yang diartikan sebagai bentuk ramah tamah. Dalam pelaksanaannya, dua keluarga calon pengantin akan duduk bersama di bale dangin rumah mempelai wanita dan disaksikan oleh keluarga, tetua adat, dan tokoh masyarakat.

Pada momen ini, calon mempelai pria meminta izin kepada keluarga mempelai wanita untuk meminangnya dan melanjutkan ke jenjang pernikahan. Prosesi ini sekaligus menjadi momen bagi keluarga calon mempelai wanita menyerahkan putri mereka kepada kepala keluarga calon mempelai laki-laki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Petuah Tetua Adat

Selanjutnya, para tetua adat di lingkungan rumah mempelai wanita akan memberikan petuah kehidupan kepada kedua mempelai. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk bekal menuju kehidupan yang baru.
Adapun prosesi mepamit dan dharma suaka Mahalini dan Rizky Febian berlangsung pada Minggu (5/5/2025). Prosesi ini digelar di kediaman Mahalini di Banjar Aseman Kawan, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali. Tak sendiri, Rizky Febian memboyong sang ayah Entis Sutisna alias Sule dan ketiga adiknya, Putri Delina, Rizwan, dan Ferdinand.

Selanjutnya, Mahalini dan Rizky Febian akan menggelar akad nikah di Jakarta pada 8 Mei 2024. Pada 7 Mei 2023 lalu, pasangan ini telah bertunangan setelah berpacaran selama lebih dari satu tahun.

(Resla)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya