Deretan Danau Terindah di Indonesia, Cocok Jadi Destinasi Wisata Keluarga

Keelokan alam dan eksotisnya danau tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Masing-masing danau di Indonesia pun memiliki daya tarik yang khas.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 08 Mei 2024, 01:00 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2024, 01:00 WIB
Menikmati Keindahan Pura Ulun Danu Beratan di Pulau Dewata Bali
Pura Lingga Petan: Pelinggih (tempat pemujaan) Dewa Siwa, Pura Penataran Puncak Mangu: Pelinggih Dewa Wisnu, Pura Terate Bang: Pelinggih Dewa Brahma, Pura Dalem Purwa: Pelinggih Dewi Danu, dewi air, sungai, dan danau yang dikenal sebagai dewa kesuburan, serta Stupa Buddha: sebagai makna keselarasan dan harmoni beragama. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Yogyakarta - Pesona keindahan Indonesia memang menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata Indonesia yang kerap menjadi incaran adalah danau-danaunya.

Keelokan alam dan eksotisnya danau tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Masing-masing danau di Indonesia pun memiliki daya tarik yang khas. Dari sekian banyaknya danau di Indonesia, berikut deretan danau terindah dan paling eksotik seperti dikutip dari indonesia.travel:

1. Danau Beratan, Bali

Danau Beratan menjadi salah satu danau paling populer di Bali. Danau ini terletak di kawasan pegunungan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau Beratan menawarkan keindahan dengan latar belakang eksotis Pura Ulun Danu Bratan yang ikonis.

2. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau ini adalah danau tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar mdpl.

Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat. Selain itu, terdapat gugusan gunung-gunung yang mengelilingi danau di kawasan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Danau Kelimutu, Flores

3. Danau Kelimutu, Flores

Danau Kelimutu di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal karena airnya yang bisa berubah warna. Menariknya lagi, danau ini berada di puncak Gunung Kelimutu yang merupakan salah satu gunung berapi aktif.

Terdapat tiga danau kawah dengan warna yang berbeda-beda, yaitu biru, hijau, dan merah. Perubahan warna ini disebabkan oleh mineral dan gas vulkanik yang ada di dalamnya.

Keindahan Danau Kelimutu pertama kali ditemukan pada 1915 oleh Lio Van Such Telen, seorang warga berkebangsaan Belanda. Hingga pada 1992, gunung ini dijadikan sebagai tempat Konservasi Nasional Alam Kelimutu.

4. Danau Maninjau, Sumatra Barat

Danau Maninjau berada di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Nama Danau Maninjau diambil dari bahasa Minangkabau yang berarti peninjauan atau pemandangan.

Danau Maninjau adalah perairan tenang di tengah pegunungan Bukit Barisan. Danau ini juga merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 mdpl dan menjadi sebuah kaldera dari letusan besar Gunung Sitinjau.

5. Danau Matano, Sulawesi Selatan

Danau Matano adalah salah satu danau terdalam di Asia Tenggara dengan kedalaman lebih dari 590 meter. Danau Matano juga masuk dalam daftar danau terdalam di dunia yang menempati peringkat ke-9.

Danau Matano terletak di Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini merupakan sebuah danau tektonik purba yang terbentuk dari aktivitas pergerakan lempeng kerak bumi pada akhir masa Pliosen sekitar 2-4 juta tahun lalu.

 


Danau Poso, Sulawesi Tengah

6. Danau Poso, Sulawesi Tengah

Danau Poso adalah salah satu danau terdalam di Indonesia. Danau yang terletak di Sulawesi Tengah ini bisa menjadi lokasi seru untuk berenang, menyelam, dan bersantai di tepi pulau.

Danau Poso juga terkenal dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan. Danau Poso berada di ketinggian 657 mdpl dengan kedalaman mencapai 510 meter dan luas mencapai 32.000 hektare yang membentang dari utara ke selatan.

7. Danau Ranau, Sumatra Selatan

Danau Ranau berada di dua provinsi, yakni Lampung dan Sumatra Selatan. Danau Ranau menjadi salah satu danau terbesar di Sumatera yang memiliki luas 125,9 kilometer persegi dengan titik terdalam 174 meter di bawah permukaan air.

Danau ini dikelilingi pegunungan dan hutan lebat. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sini, mulai dari memancing, bersepeda, hingga mendaki.

8. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani terletak di dekat Kota Jayapura. Danau dengan latar belakang pegunungan Papua yang megah dan gugusan 22 pulau ini terkenal karena adanya Kampung Yoboi. Kampung tersebut diisi oleh rumah-rumah tradisional yang terapung di atas air.

 


Danau Singkarak, Sumatra Barat

9. Danau Singkarak, Sumatra Barat

Danau Singkarak merupakan danau kedua terbesar di Sumatra. Danau ini menawarkan pemandangan indah dengan latar belakang pegunungan. Danau Singkarak masuk ke dalam dua wilayah kabupaten di Sumatra Barat, yaitu Solok dan Tanah Datar.

10. Danau Toba, Sumatra Utara

Berbicara tentang danau di Indonesia tentu tak bisa dipisahkan dengan Danau Toba. Danau yang berada di Sumatra Utara ini merupakan salah satu danau terbesar di dunia.

Danau Toba terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Toba pada 74.000 tahun lalu. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 450 meter, Danau Toba terlihat lebih mirip lautan dibandingkan sebuah danau.

Menariknya, terdapat pulau kecil di bagian tengah danau yang bernama Pulau Samosir. Selain panorama Danau Toba yang memukau, wisatawan juga dapat melihat indahnya deretan pegunungan dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya