Hutan Mycelia Cikole, Wisata Edukasi Masa Kini

Hutan Mycelia di Cikole bisa menjadi destinasi wisata Jawa Barat modern yang cocok untuk segala usia, termasuk anak-anak.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 26 Jul 2024, 00:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 00:00 WIB
Ilustrasi pohon, hutan
Ilustrasi pohon, hutan. (Photo by Daniel Tseng on Unsplash)

Liputan6.com, Bandung - Hutan Mycelia berlokasi di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Destinasi wisata ini menghadirkan wisata edukasi yang memadukan unsur alam, seni, dan teknologi berupa permainan visual.

Untuk sampai ke sini, pengunjung harus menempuh sekitar 50 menit perjalanan. Saat sampai di lokasi, pengunjung akan disambut oleh udara sejuk khas pegunungan.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, Hutan Mycelia Cikole menawarkan suasana artistik yang seolah membawa siapa saja masuk ke negeri dongeng atau dunia peri. Hal ini karena lokasinya yang dipenuhi pepohonan rindang, bebatuan, dan bangunan unik mirip jamur. Menariknya lagi, iringan audio akan membuat suasana menjadi semakin terasa seperti di negeri dongeng.

Adapun nama Mycelia merujuk pada jaringan jamur yang banyak ditemukan di hutan-hutan. Sesuai namanya, pengunjung pun akan menemukan banyak jamur di destinasi wisata tersebut, termasuk jamur dalam tayangan animasi serta patung dekorasi.

Tak hanya perihal hutan dan jamur, Hutan Mycelia juga dikenal sebagai wisata alam yang mengadaptasi instalasi video mapping. Bahkan, destinasi wisata ini menjadi satu-satunya lokasi wisata di Lembang yang menggunakan instalasi tersebut.

Terdapat enam titik yang menggunakan video mapping sebagai sarana bercerita tentang jamur, yakni Rumah Ras Jalar, Rumah Ras Jaga, Rumah Ras Tata, Rumah Ras Daur, Rumah Ras Semai, dan Portal Air Terjun. Pengunjung juga bisa menambah wawasan tentang dunia jamur secara mendalam.

Mempelajari tentang jamur pun tak akan membosankan karena pembelajaran dilakukan melalui pencahayaan warna-warni dan elemen audio visual. Dengan inovasi tersebut, kegiatan belajar pun terasa lebih menyenangkan.

Sebaga informasi, video mapping di Hutan Mycelia juga hadir berkat peran dari pelaku ekonomi kreatif dari subsektor Desain Komunikasi Visual (DKV). Hutan Mycelia di Cikole bisa menjadi destinasi wisata Jawa Barat modern yang cocok untuk segala usia, termasuk anak-anak.

 

Penulis: Resla

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya